Jangan Pakai Handgrip Berbahan Aluminium, itu Bahaya, biar buat Pajangan Saja

Gambar: doctor matic

Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Acapkali kita menemukan handgrip berbahan aluminium sebagai pemanis tampilan sepeda motor. Selain terlihat beda, corak dan ragam handgrip jenis aluminium ini juga sangat beragam sehingga bisa “di-matching-kan” dengan tampilan motor sesuai selera bikernya.

Namun tahukah sampeyan Cak, handgrip berbahan aluminium ini ternyata kurang aman jika dipakai riding sehari-hari. Seperti kata Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultating (JDDC) Jusri Pulubuhu seperti dikutip dari Kompas, handgrip jenis aluminium relatif berbahaya jika dipakai sehari-hari karena tak mampunya menyerap keringat. Terlebih lagi saat dipakai di bawah guyuran hujan, permukaan penampang handgrip yang keras otomatis tak dapat digenggam secara optimal.

“Penggunaan handgrip jenis aluminium akan memperburuk keadaan saat tangan pengendara berkeringat atau basah,” tutur Jusri.

Yap, kemampuan tangan kanan untuk mengatur ritme jalannya sepeda motor memang sangat berhubungan dengan mudahnya handgrip digenggam dan dioperasikan. Saat anda mampu menggenggam secara optimal handgrip gas, yang terbuat dari karet, maka otomatis kemampuan anda mengatur laju motor juga bakal maksimal.

Baca juga:

Yup, itulah Cak kenapa instruktur safety riding juga menyebut jikalau handgrip dari alumunium berbahaya, atau setidaknya dihindari penggunaannya ketika berkendara sehari-hari. Baiknya sih penggunaan handgrip jenis aluminium ini hanya digunakan sebagai pemanis tampilan motor kala ikut mejeng di kontes modifikasi. Yakni peran motor sebagai pajangan, bukan untuk dikendarai.

Gambar motor modifikasi dengan handgrip berbahan aluminium

Dan ngomong-ngomong masalah handgrip berbahan aluminium nih Cak, sebagai kawula muda zaman dahulu, mmz juga pernah mengganti tunggangan ane dengan handgrip jenis ini. Bagus sih secara tampilan. Berwarna biru cerah dipadu padankan bareng baut-baut dan selang-selang dengan warna senada. Hayo, generasiPosh” podho ngakuo Cak… 😁

Tapi ya itu… licin, terus lama-lama telapak tangan bisa kapalan.. haha… Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Iklan

Penulis: motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan

6 tanggapan untuk “Jangan Pakai Handgrip Berbahan Aluminium, itu Bahaya, biar buat Pajangan Saja”

  1. ho ho.. aku generasi posh poshan..
    jalu sih pertama kali aku ganti, eh stabiliser setang.

    emang sangat berbahaya, apalagi kalau sehabis jatuh tangan masih banyak nempel pasir kemudian pegang aluminium nya, widih.. atau tangan masih belepotan lumpur

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s