Yamaha LEXI Mbrebet di Awal? Bisa Jadi ini Masalahnya!

Diposting pada 198 views



Motomazine.com – Masbro, kebetulan apa ketepatan ya? Baru ngebawa sehari, nih Yamaha LEXI S yang dikasih DDS Mandiri berasa ngasih signal aneh. Yup, saat gas dibetot, di awal bukaan gas kayak ada jeda, mbrebet gitu. Lah, Lexi S yang ane bawa ke Pacitan kemarin kan aman jaya lantjar terkendali?

Yowes, daripada menduga tanpa kepastian mmz pun langsung meluncur ke Yamaha Mataram Sakti Ponorogo buat melakukan checking. Begitu datang nih motor langsung disambut oleh mas Yoga, mekanik andalan dealer garputala yang berlokasi di jalan daerah Sinduro ini.
Setelah colok sana colok sini, buka sini buka sini, bak seorang dokter, penyakit si Sexy LEXI pun langsung dipecahkan. Loalah… Sepele ternyata masbro, cuman efeknya yang luar biasa. Yap, spark plug aka businya bocor. Lah….? Kok bisa? Kan motor baru? Haiyah, jangan ngebully sek kang.
Baca juga:


Gini loh, kejadian busi bocor bisa disebabkan oleh banyak hal. Bukan kok ini motor gagal atau apa, tapi yang namanya piranti yang berkaitan dengan kelistrikan bisa saja tetiba mati begitu saja.
Tak mau ‘sok mutusi’, saya pun bertanya pada ahlinya. Dan jawabnya adalah, busi tipe ‘R’ dengan resistor memang rentan sekali rusak. Banyak penyebabnya termasuk jatuh! Lah?

“Busi tipe R dengan resistor memang gampang banget rusak mas. Jatuh gitu aja, tuh keramiknya bisa error. Alhasil ya begini, bisa saja rusak atau terjadi kebocoran,” tutur mas Yoga.

Lah, jadi begitu toh? Yawes, karena penyakitnya udah ketemu, busi si LEXI pun langsung diganti dengan yang baru, dengan titel sama, DENSO U24EPR9. Dan hasilnya?

Josss nan masbro, masalah langsung teratasi. Pasca busi baru terpasang, ketika gas dibetot, si LEXI pun langsung ngacir mulus tanpa kendala mbrebet. Dan di situlah masalah teratasi.
Harga busi buat Yamaha LEXI pun sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 13.500,- saja dan masalah mbrebet LEXI pun teratasi.

So, kalau mengalami hal serupa pada LEXI anda, bisa jadi kemungkinannya adalah businya bocor atau rusak. Dan kebocoran busi bisa terjadi hanya karena tuh pemercik api jatuh. Jadi memang kudu ati-ati.
Yawes, si LEXI sudah normal, lantjar terkendali, kini saatnya dibawa menjelajah negeri (kecamatan 😁) buat ngerasain gimana impresinya.
Semoga berguna (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Yamaha LEXI Mbrebet di Awal? Bisa Jadi ini Masalahnya!

Silahkan Berkomentar di bawah sini