Hari ini Indonesia Alami Gerhana Matahari.. Jangan Sekalipun Melihatnya dengan Mata Telanjang…!!!

image

gerhana matahari

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Hari ini, Rabu (9/03) Indonesia akan mengalami gerhana matahari. Meskipun tak semua wilayah dilanda gerhana matahari total namun tetap saja fenomena alam ini berbahaya bagi mata anda.. Jadi, jangan sekalipun menatap gerhana matahari ini secara langsung, dengan mata telanjang anda..
Kenapa sih gerhana matahari berbahaya bagi mata kita?
Begini bro sis.. Sinar matahari yang datang ke bumi selain mengandung unsur warna “mejikuhibiningu” juga membawa kandungan sinar UV (ultra violet). Nah, sinar ultra violet inilah yang sangat berbahaya bagi mata. Sebab menurut beberapa pengamatan ilmiah menyebutkan jika radiasi sinar UV  langsung ke mata bisa merusakkan retina mata. Akibatnya, anda bisa mengalami kebutaan sementara atau bahkan kebutaan total.
Kenapa menatap matahari di siang hari (saat tidak terjadi gerhana) tidak berbahaya?
Tentunya untuk kasus ini sangat berbeda masbro, mbaksis… Masih ingat kan pelajaran sains saat kita duduk di bangku sekolah? Masih ingat bagian mata yang bernama pupil? Yup, kinerja pupil mirip dengan lensa kamera. Artinya pupil berfungsi menyaring dan mengatur besaran sinar yang masuk ke retina. Artinya, ketika siang hari, saat matahari bersinar cerah dan dengan tanpa sengaja atau bahkan sengaja kita menatap matahari langsung, maka secara otomatis pupil kita akan mengecil. Namun sebaliknya saat gelap, pupil kita akan membesar maksimal dan mengatur agar retina menerima cahaya yang optimal dan membuat mata kita bisa melihat normal..

image

skema gerhana matahari

Nah, sekarang permasalahannya adalah ketika terjadi gerhana matahari itu sendiri. Gerhana matahari terjadi akibat sinar matahari ke bumi terhalang oleh bulan. Sebab posisi bumi, bulan dan matahari berada pada posisi sejajar. Lantas hubungannya dengan kerusakan mata..??? Seperti penjelasan di atas, saat gelap pupil kita membesar maksimal. Nah, gerhana matahari terjadi saat bulan menutupi matahari. Artinya bumi dalam kondisi gelap. Secara otomatis pupil kita pun membesar untuk menyesuaikan agar mata tetap mampu melihat seperti keadaan normal. Jadi, jika anda memaksakan melihat gerhana matahari langsung artinya anda melihatnya dengan kondisi pupil membesar maksimal. Dan perlu anda tahu, meskipun tertutup bulan namun radiasi matahari yang mengandung sinar UV itu tetap langsung menerpa pupil mata kita. Efeknya, jelas.. Retina kita bisa terpanggang. Sekali lagi, ini sangat berbahaya…
Lantas bagaimana menyaksikan fenomena langka ini?

image

1. D.I.Y dengan kertas “pin hole”
Caranya adalah gunakan kertas atau karbon sebagai filter dengan cara membuat lubang kecil dan halus di kertas tersebut. Bisa menggunakan jarum atau alat pelubang lain. Langkah selanjutnya adalah pegang kertas berlubang tersebut di area yang terkena sinar matahari. Selanjutnya posisikan kertas biasa di belakang kertas berlubang tersebut. Anggap saja kertas ini sebagai media untuk menangkap bayangan sinar matahari tersebut. Mirip-mirip kinerja proyektor sih.
2. Kacamata khusus gerhana
Sudah banyak dijual kacamata khusus gerhana yang kacanya memiliki bahan anti UV (Netral density 5)

image

3. Kacamata Las
Beberapa sumber mengatakan kita bisa menyaksikan gerhana matahari dengan kacamata las. Sebab kaca pada “welding googles” mampu menahan pancaran saat pengelasan yang sangat menyilaukan itu.
4. Teleskop
5. Kamera
Fenomena alam gerhana matahari ini sendiri diperkirakan akan kembali terjadi dalam 360 tahun sekali. Dan di Indonesia ada sebanyak dua belas propinsi yang dilewati gerhana matahari total. Di beberapa propinsi lainnya hanya mengalami gerhana matahari sebagian/partial (matahari berbentuk sabit).
Semoga fenomena ini memang gejala alam biasa.. Sebab dalam Islam gerhana matahari merupakan salah satu tanda dari sekian banyak tanda-tanda hari kiamat… (MMz)
Artikel Terkait


Bro dan sis punya infromasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di serba-serbi, umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke Hari ini Indonesia Alami Gerhana Matahari.. Jangan Sekalipun Melihatnya dengan Mata Telanjang…!!!

  1. Anzblog berkata:

    jatim diselingi kabut

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s