Inilah Motor Honda Pertama yang dirakit di Indonesia dengan Odometer Mengejutkan

Diposting pada



Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Tahukah anda, babat dan awal mula hingga Honda di Indonesia bisa sebesar sekarang ini? Yup, inilah motor Honda pertama yang dirakit di Indonesia.

Motor ini diberi nama S 90 Z pada tahun 1971. Kalau dilihat sekilas sih mirip Honda Astra yang dulu pernah ngehits di eranya Cak.
Kalau sampean seumuran bapaknya mmz :mrgreen: , tentu sampean ingat benar bagaimana terkesan sugehnya seseorang kalau sudah naik motor (saat itu). Dikala sepeda pancal masih menjadi barang mahal bagi beberapa orang, motor justru menjadi barang mewah.

Honda S 90 Z sendiri berstatus CKD (Completely Knock Down). Artinya motor ini diimpor dari Jepang untuk dirakit di Indonesia.
Baca juga:


Penasaran dengan jumlah odometernya Cak? Monggo ambil nafas bareng-bareng… Honda S 90 Z ini masih jalan sejauh 11 kilometer Cak. Artinya, motor ini kemungkinan baru dibawa dari pabrik ke tempat pemajangan saja.

Honda S 90 Z sendiri dirakit oleh PT. Federal Motor, nama saat itu sebelum berganti menjadi PT. Astra Honda Motor.
Untuk saat ini Honda S 90 Z ini ada di museum motor milik Honda Cak.. Buat sampean yang sudah terbiasa main-main ke AHM mungkin sudah gak asing lagi… Beda dengan saya, yang aku kapan…? :mrgreen: Ah sudahlah dan semoga berguna… (mmz)
📸DetikOto

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini