Tes Konsumsi BBM Satria F150 Fi dengan Metode Harian.. Seberapa iritkah?

Diposting pada

image
Satria F150 fi

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Kali ini MMz akan mengulas hasil konsumsi BBM pada Suzuki Satria F150 Fi dengan metode riding harian.. So lupakan perkara eco riding..
Metode yang MMz gunakan adalah full to full dengan BBM jenis pertamax. Pasca mendarat di meja redaksi MMz, nih ayam jago langsung MMz giring ke SPBU di Jl. A. Yani Ponorogo. Kenapa, karena memang di situlah salah satu SPBU yang menyediakan struk bagi konsumennya.

image
odometer Satria F150 fi

Langsung saja isi full dengan bensin ron 92. Saat itu odometer menunjukkan angka 410. Lepas dari SPBU nih Satria F150 Fi langsung MMz geber. Selap-selip diantara keramaian, stop and go juga beberapa kali top speed menyentuh 130 kpj lebih. Tapi maaf MMz tidak bisa mengeklaim sebab tidak ada kamera yang mengabadikannya.
Selang sehari, saat fuelmeter sudah turun dua strip MMz langsung kembali membawa Satria FU injeksi ini ke SPBU yang sama. Kembali isi full tank untuk melakukan pengukuran. Ketika itu odometer menunjukkan angka 468.

image
odometer Satria F150 Fi
image
struk pengisian BBM motomazine

Dari hasil data di atas maka kita bisa menghitung berapa konsumsi BBM si Satria F150 Fi ini. Formulanya adalah (odometer2-odometer1) / jumlah volume BBM top up.
Dan dari formula tersebut diperoleh hasil (468-410) dibagi 2,18 = 58/2,18 = 26,61 km/liter.
So… Dari pengukuran BBM Suzuki Satria F150 Fi yang MMz dapatkan, dengan metode riding harian serta BBM jenis Pertamax diperoleh hasil 26,61 km/liter. Artinya, dengan gaya berkendara ala Maverick Vinales, 1 liter pertamax mampu untuk menempuh jarak 26,61 liter.
Piye masbro..?? Boros gak menurut sampean semua..???
FYI, TB motomazine adalah 178 cm dengan BB 72 kg.. (MMz)

image
kalau saya butuh BBM lebih banyak om..

Artikel terkait:
[display -posts tag=satria-f150fi]


Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

68 komentar

    1. Tes bbm kok dibawa ngebut sampe top speed berkali kali 130 km/jam Lha bawanya aja bawanya aja kayak gitu ya jelas dapet boroos. Ane bawa beat digeber terus jg cuma dapet 30 km/per liter. Nmax digeber dapet 27km/liter . Vixion 31 km/liter. Fu fi 26 km/liter bmaen geber masih rasional berbanfing powernya yg besar. Kalo dibawa lbh kalem lg bisa tembus 40km/liter. Tergantung tangan kanan anda

      1. nah.. itu dia maksut saya.. saya menjaga kemungkinan itu.. biar yang dapat 40 km/l gak dikira hoax. tapi kan konsumsi segitu terbayar dengan performanya?

      1. Lha iyo to.. Sampean kok cuma 20an. Wes bubar wes…
        Eh sik sik… kui jane sopo… kini umpan lambunge kang… hihihi

  1. Iritnya waow, sma am sper kibs..
    Gk jd nunggu semprotnya klo gtu gan, ni ja yg ayago msih disunat pwernya, aplgi yg semprotnya nnti yg lbih pwerful bsa² lbih bros dr nnin 1/4liter karbu..

      1. Bisa aja lebih besar di rpm atas, tapi merubah profil camshaft lagi, karakter powerband nya berubah. Torsi maks bergeser makin naik ke rpm tinggi. Tapi tendangan torsi dari rpm bawah dan tengahnya jadi lemah. Akselerasi dari putaran rendah akan lebih lambat dari Satria ini yg lebih diuntungkan bobot enteng lumayan banyak.

        Asal jngn jockey satrianya kelas berat juga bobotnya wkkkk

        1. Kembali lagi ke habit sebenarnya dari se dohc.. Tapi dengan torsi yang besar, walaupun harus diraih di peak yang agak lebih tinggi dipastikan motor akan tetap seperti katak.. Wkwk

  2. Maj ngebut ya boros mau irit ya naikin aja gk udah dinyalain…mana ada mongtor ngebut irit,kecuali ada ‘faktor lain’ yg bisa dirubah shg diberitakan irit,…ini bahan seru loch buat perang.hehehr

  3. Halo masbro.. mau sharing aja nih..
    sy baca tulisan masbro fufi perliternya dapat 26 km an, psti karena gaspol terus itu hehe..
    kemarin kebetulan ada rejeki jadi saya membeli fufi juga. Dan iseng2 saya coba tes bbm dgn metode full to full dan mendapatkan hasil yg tak terduga. 1 liter pertalite sy dapat 45 km, dgn cara mengemudi santai halus dgn kecepatan rata rata 40-60 km/jam, mungkin kalo diisi pertamax bisa lebih wau lagi 🙂

    1. Kalau pemakaian normal memang bisa tembus segitu. Nih saya ngujinya hampir terus buka throttle terus-terusan. Biar gak pada kaget. Tapi sebanding loh msbro sama performa dan tenaganya.. Iya toh?

      1. Iy mas bro.. kebetulan masih pemakaian kilometer rendah dan sesuai instruksi manual book saya blm brani betot gas dalem2, kalau pas jln pelan rasanya nyundul2 terus n pingin ngebut bawaanya tp sy tahan dulu aj hehe.. setelah 1000 km pertama akn sy coba lgi performa mesin n top speed nya 🙂
        mksih atas infony mas bro..

  4. senangnya kalo FU Fi disni pada irit. punya saya mau pake pertamax +, pertamax, pertalite trus bawanya slow ikutin rpm metode eco low, ttp aja ga bs tembus 1:30. bingung ini jadinya klo yg liat bisa 1:40 punya saya 1:30 ga bs tembus. berawa bawa motor 2 tak padahal injeksi.

      1. ya mas, ikutin rpm mode low sekitar 6rb rpm aja.
        beda sendiri kayaknya, harus di cek nih.
        kira2 faktor injector apa yg lain ya klo kaya begini.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini