MotoGP: Seberapa bahayakah efek Aerodynamic Winglets sampai harus dilarang di Moto2 dan Moto3…???

Diposting pada 170 views

AU1397847.jpg

Motomazine.comΒ – salam safety riding bro sis.. menyusul penggunaan “aerodynamic winglets” oleh beberapa team Moto3, artinya FIM Β dan Komisi Grand Prix membuat sebuah regulasi baru untuk melarang tim balap moto3 dan Moto2 menggunakan aerodynamic winglets.

Pelarangan itu sendiri sudah mulai aktif sejak musim 2016 ini untuk kelas Moto2. Sementara pelarangan penggunaan winglets baru akan diberlakukan resmi untuk Moto3 mulai musim 2017 nanti.

21-bagnaia-francesco7g1_0096_0.middle.jpg
Fransesco Bagnaia tim Mahindra dengan winglets

Penggunaan aerodynamic winglets ini tetiba saja menjadi viral di kancah MotoGP setelah tim Ducati menggunakan perangkat penolong anti wheelie ini sejak tahun 2010 kemarin. Penggunaan winglets (kembali) pada Desmosedici GP15 dan kemudian GP16 ternyata diikuti oleh pabrikan-pabrikan lain.

Sebut saja Yamaha mulai seri Misano, dan juga Honda mulai sesi tes pramusim di sirkuit Qatar kemarin. Entah benar-benar signifikan menambah laptime atau tidak, nyatanya semua tim yang naik podium di Qatar kemarin ketiga-tiganya memakai winglets. Sebut saja Yamaha M1 Lorenzo, Ducati Desmosedici GP16 Dovisiozo, juga Honda RC213V Marquez.

10666902138dfe22665e8b19f7c266ec.jpg

Valentino Rossi yang finish di posisi keempat sejatinya tidak terlalu mempermasalahkan gagalnya di meraih podium yang disebut-sebut sebagai imbas dari absennya winglets pada fairing M1-nya. Rossi lebih merasa gagalnya dia naik podium disebabkan kesalahan memilih ban belakang tipe medium. Dibandingkan Lorenzo dan Dovisiozo yang lebih memilih ban tipe soft.

Namun, pelarangan penggunaan winglets ini disinyalir juga merupakan keluhan beberapa pebalap akan adanya turbulensi yang dihasilkan oleh sayap aerodinamika tersebut. Selain mungkin kemungkinan bahaya yang bisa diakibatkan apabila seorang pebalap mengalami crash. Terutama jika terjadi kontak dengan pebalap yang lain.

winglets-4.jpg

So.. mungkinkah ke depan penggunaan aerodynamic winglets ini juga akan dilarang di kelas MotoGP? Jika benar begini maka ke depan baik Masimo, Nakamoto, dan Luigi harus memikirkan da mencari solusi baru bentuk fairing yang mampu bekerja seperti winglets… (MMz)

Artikel terkait:

==========================

Bro dan sis punya informasi seputar otomotif da kehidupan? Share saja bareng motomazine di:

  • email: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: @aguztino86
  • BB: 524dbd4e
  • IG: motomazineblog
  • WA: 085233819298

 

30 thoughts on “MotoGP: Seberapa bahayakah efek Aerodynamic Winglets sampai harus dilarang di Moto2 dan Moto3…???

Silahkan Komentarnya Kangbro