Akhirnya Variem ikutan Nenggak Oli Diesel

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Langsung saja sharing pengalaman pribadi mengenai si Variem yang akhirnya MMz cekoki dengan oli Diesel. Usut punya usut, setelah berkonsultasi dengan berbagai elemen masyarakat, teman-teman blogger dan juga beberapa member grup yang MMz ketahui, akhirnya ya sudah… Mantaplah saya menyambangi toko oli untuk menebus seliter oli yang sebenarnya diperuntukkan bagi Isuzu Panther dan kawan-kawannya sesama diesel.
Bukannya mudah untuk mengambil keputusan ‘sesat’ seperti ini. Pasalnya, semua akibat yang bisa saja terjadi negara pemakaian oli seperti ini tentu saja tak akan digubris oleh pabrikan. Artinya, all of risks are yours.. Atau kalau diterjemahkan ke bahasa Mataraman kurang lebih “yen onok apa-apane ruasakno dhewe..” 😆
Ya sudah tak usah terlalu terlalu panjang lebar. Oli Diesel yang MMz pakai kali ini adalah Pertamina Meditran SX dengan SAE 15W-40 Service API CI-4.
Impresi awal yang MMz rasakan pasca Variem diminumi oli Diesel ini adalah suara jauh lebih halus. Bahkan lebih halus dibanding saat MMz memakai oli reguler untuk sepeda motor yang juga lumayan branded.


Mengenai performa tidak berbeda jauh sih, cuma karena terasa lebih halus, akselerasi terasa sedikit lebih meningkat.
Oh ya, pemakaian oli mesin Diesel untuk sepeda motor ini perlu sedikit perhatian khusus. Pasca pemakaian pertama anda harus melakukan flush (ganti oli+filter oli), setiap pemakaian dengan jarak tempuh 500 km. Hal ini dilakukan untuk membuang kotoran dari kerak-kerak di dalam mesin yang nantinya bakal rontok. Mengenai berapa kali anda harus melakukan flush, itu tergantung dengan banyaknya kotoran yang mungkin menempel di part-part mesin sepeda motor anda. Lantas tanda flush sudah selesai apa dong? Ya mudah saja masbro… Jika saat melakukan flush fan oli yang anda ganti sudah bening, itu artinya proses flush sudah selesai.

image

yang dituang 800cc saja

So.. Kita tunggu saja kelanjutannya masbro.. Tinggal nunggu waktu ganti oli dan kita lihat bakal seberapa kotor mesin si Variem yang sudah MMz siksa namun penuh sayang sejak bulan 10 tahun 2013 silam?

image

spesifikasi oli MSX

Apapun, memang sebuah keputusan dilematis masbro mencoba sesuatu yang sama sekali baru buat kita. Terlebih mencekoki motor kesayangan dengan oli mesin Diesel yang jelas peruntukannya untuk mobil-mobil berbahan bakar solar, Pertamina Dex atau Pertamina Dexlite.. *eh wes onok gurung yo? 😆 Btw, suwun juga buat bikersoak yang telah meracuni hingga saya ikut-ikutan soak : mrgreen: (MMz)


=======================
Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
 email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di serba-serbi, umum dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke Akhirnya Variem ikutan Nenggak Oli Diesel

  1. Kena racun juga akhirnya… 😀

    Suka

  2. Indomoto berkata:

    Wow.. mengerikan

    Suka

  3. John_Hendy berkata:

    Brp duit lek?

    Suka

  4. Mang EPi berkata:

    buat motor astrea grand 97 (mesin standaran) kira2 gmna masbro?? hehe…

    Suka

  5. untuk penggunaan jangka panjang bagaimana om? kalo sudah waktunya ganti oli, bakal pake oli ini lagi?

    Suka

  6. Ym berkata:

    Gimana om skr hasil pemakaian oli sesat nya masih ok gak, maksimal di pake sampai berapa kilo meter, di tunggu om review nya

    Suka

  7. van borneo berkata:

    truz gmn bro skrg msih pke oli meditran sx??
    gmn dampaknya skrg

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s