Konsumsi BBM Suzuki GSX-R150

Test Ride Suzuki GSX-R150 oleh Motomazine

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Menyandang status sebagai motor fairing 150cc DOHC dengan tenaga puncak yang sanggup menembus 19,1 PS/11.000 rpm tentu membuat anda penasaran dengan konsumsi BBM yang diperlukan Suzuki GSX-R150 untuk melahap tiap kilometer jarak yang ditempuh. Terlebih dengan lubang penyemprot bensin yang diperbanyak, tentu akan menimbulkan banyak anggapan bahwa motor ini boros.

Dibekali mesin identik dengan Satria F150fi, Suzuki GSX-R150 justru mampu mencatatkan total konsumsi BBM yang melebihi perkiraan saya pribadi. Sebelumnya, MMz pikir si sport fairing ini bakal lebih boros daripada adiknya, si underbone dahsyat itu. Namun ternyata, dengan perlakuan serupa apa yang MMz lakukan saat test ride Satria F150fi beberapa waktu lalu, si GSX-R150 malah lebih irit.
● baca juga

Perlu bro sis ketahui, metode yang MMz gunakan dengan model full to full. Artinya tangki motor diisi penuh untuk kemudian dipakai riding dan setelah itu diisi lagi hingga full. Nah, jumlah bensin yang masuk itulah yang kita jadikan patokan penghitungan. Jika kita rumuskan bisa dijabarkan sebagai berikut:

Konsumsi BBM = Odometer 2- Odometer 1 : level bensin top up

Odometer 1 : angka odometer awal

Odometer 2 : angka odometer akhir

Dari rumus tersebut akhirnya MMz dapat mengambil data seberapa banyak bbm yang diperlukan oleh Suzuki GSX-R150 untuk menempuh tiap kilometernya. Dan hasilnya adalah

198-108 : 3.00 = 90 : 3 = 30 kilometer/ liter.

Odometer 1

 

Odometer 2

Jumlah bensin yang masuk (3,00 L)

Demi keakuratan data, saat sesi tes konsumsi BBM Suzuki GSX-R150, MMz melakukan pengisian pertama dan kedua di SPBU yang sama. Dengan volume bensin yang sama, diukur dari ketinggian bensin pada bibir tangki, dan juga di waktu yang sama (siang hari). Jenis bbm yang MMz isikan juga sama, yakni jenis Pertamax (ron 92).

So.. dari sesi tes yang MMz lakukan, dapat diambil kesimpulan yakni, walaupun menggendong mesin 150cc dohc dengan power puncak mencapai 19,1 PS/11.000 rpm, toh ternyata motor ini tidak terlalu boros. Jika dibandingkan dengan Satria F150fi yang MMz tes juga beberapa waktu lalu, si underbone tersebut malah mencatatkan hasil yang lebih boros. Sekitar 27 km/liter.

Tambahan lagi, lintasan yang MMz gunakan saat melakukan tes konsumsi bbm Suzuki GSX-R150 ini cukup beragam. Dengan melakukan perjalanan menuju Telaga Ngebel, Ponorogo, rasanya sudah mampu mewakili karakter jalanan sebenarnya dimana setiap harinya anda melakukan riding. Sebab pada lintasan tersebut, anda akan menemukan tanjakan, turunan, tikungan baik landai maupun curam yang kesemuanya tentu membutuhkan aneka macam bukaan gas serta shifting gigi. Dan itu saya lakukan dengan sebenarnya apa yang sering orang lakukan kala berkendara di jalanan model tersebut.

Jadi ketika MMz bilang Suzuki GSX-R150 ini irit, rasanya memang tak berlebihan. Dengan katakter jalanan, serta kubikasi mesin yang dilekatkan, dan juga riding style yang sesekali mengejar topspeed serta naik turun di sepanjang jalan pegunungan, dengan konsumsi bbm sebanyak 30 km/liter rasanya memang tak berlebihan jika MMz  bilang Suzuki GSX-R150 ini irit.. (MMz)

Tes konsumsi bbm GSX-R150

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • motomazineblog@gmail.com
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di New Bike, test ride dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Konsumsi BBM Suzuki GSX-R150

  1. send berkata:

    semoga usia produksi motor ini berlangsung panjang dan berkembang.
    jangan seperti rgr yg nggak sampe 10tahun(1989-1997).
    nitip saran buat pabrikan ya mas. jangan dikit2 discontinue.. kecuali motor itu benar2 tidak memenuhi selera pasar (contoh: satria young star).

    Suka

  2. adli2x berkata:

    hasilnya 30 km/liter kali mas..

    nice share..

    Suka

  3. Rangga Abdul Malik berkata:

    maaf gan, kalau boleh tahu. oli mesin yg cocok buat gsx r150 merk apa ya? buat perawatan yg bagus

    Suka

  4. Dean berkata:

    Joss… Semoga tidak ada kendala dan terus berkembang untuk Suzuki motor sport 150cc, saya dengar juga Suzuki motor Indonesia akan rilis GSX R 250cc.
    Satu hal yang saya sesalkan dari Suzuki adalah kenapa Suzuki FXR 150 tiba2 hilang dari pasaran, padahal saat itu saya belum beli lho 😁 #Nyidam

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s