Ternyata Valentino Rossi Pakai Rem Jempol Saat Berlaga di Aragon


Valentino Rossi memanfaatkan rem jempol hingga membantunya cukup kompetitif di seri Aragon lalu


Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Valentino Rossi yang tampil cukup kompetitif di Aragon minggu lalu ternyata memakai rem jempol (thumb brake) untuk mengoperasikan rem belakang yang tak mampu dioperasionalkan secara maksimal akibat kaki kanannya yang cidera.

Seperti sudah banyak dilakukan pembalap lain seperti Lorenzo, Marquez, Pedrosa dan beberapa pembalap lain yang sudah mengaplikasikan teknologi ini, pada akhirnya Rossi pun ikut menggunakannya.

Thumb brake, atau lebih dikenal sebagai rem jempol sudah diteliti dan digunakan oleh pabrikan rem Brembo semenjak 25 tahun lalu. Bahkan Mick Doohan adalah pembalap yang juga turut merasakan jasa rem jempol ini saat mengalami kecelakaan di GP Belanda tahun 1992 silam.

Baca juga:

Rem jempol yang dipakai Rossi memanfaatkan sistem hidrolis seperti halnya yang terhubung ke pedal rem belakang (sebelah kanan). Thumb brake ini terletak di stang sebelah kiri, tepatnya sedikit di bawah handgrip dimana pembalap akan mudah menjangkaunya. 

Meskipun terhubung bersamaan dengan pedal rem belakang, namun kinerja rem jempol ini tak bisa bersamaan dengan pedal rem belakang. Keduanya harus saling bergantian.

Rem jempol Rossi berada di sebelah bawah handgrip, berbentuk tuas kecil yang mudah dioperasikan

Rem jempol ini sejatinya sudah diujicobakan dan dites langsung oleh Valentino Rossi di sesi tes resmi selepas MotoGP Brno lalu. Namun pada akhirnya karena cidera kaki yang dideritanya mau tidak mau membuat The Doctor harus memakai piranti ini.

Dan hasilnya, meski tak podium namun Vale masih berhasil mendapatkan posisi lima. Posisi yang cukup fantastis bagi seorang pembalap yang cidera patah kaki.

Thumb Brake yang pernah terpasang di motor Jorge Lorenzo (Yamaha)

Oh ya bro sis… Kabarnya Lorenzo juga sedang belajar untuk memaksimalkan kinerja rem jempol ini. Sebab meski butuh pembiasaan, namun diyakini thumb brake bekerja layaknya traction control yang memudahkan motor kembali ke line pasca lepas dari tikungan… Semoga berguna… (mmz)

===============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di balap, motogp, Tak Berkategori dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ternyata Valentino Rossi Pakai Rem Jempol Saat Berlaga di Aragon

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s