Rossi Jajal Fairing Radikal M1 di Tes Brno. Efektifkah?

oleh


Motomazine.com – Masbro, menjadi tim pabrikan tentu saja membuat Yamaha tak bisa berbuat banyak untuk mengembangkan mesin. Dan hasilnya, mereka hanya konsen untuk bisa mengatur ulang distribusi berat, sasis, swingarm, elektronik, hingga fairing. Dan yang terbaru, saat jalani tes resmi di Brno, Rossi tampil dengan M1 berfairing baru, cukup radikal dan tak biasa.

Yup, dari gambar yang terjepret di Brno kemarin YZR-M1 tunggangan Valentino Rossi mendapat ubahan fairing yang sangat nyeleneh. Bagaimana tidak. Area fairing depan dipapras hingga sejajar dengan radiator. Alhasil, fairing depan jadi kelihatan ‘ngowoh’ seakan ingin memberikan hawa segar lebih banyak pada radiator itu sendiri.
Selain fairing depan yang dipangkas, Yamaha juga memotong spakbor depan dan menyisakan setengah bagiannya saja. Jelas, tujuannya pasti ingin memberikan pendinginan lebih pada ban depan. Tapi masa begini banget? 😥
Baca juga:


Aero fairing aka winglet permanen juga nempel di sisi depan. Secara bentuk sih masih sama. Cuman sepertinya the size aka ukurannya menjadi sedikit lebih lebar. Lagi-lagi Yamaha concern pada masalah wheelie. Sedikit pembaruan di atas winglet, cover depan yang semula ada coakan kini dibuat menggembung, kembali ke bentuk asal.
Last, secara kasat mata baru ubahan fairing ekstrim inilah yang diterapkan Yamaha. Menurut berita yang beredar katanya Rossi juga sempat menjajal piranti elektronik terbaru, berkonsentrasi pada akselerasi dan bukaan gas awal. Namun lagi-lagi, semua itu belum bisa dipakai bahkan hingga seri Austria pekan depan.

“Di tes kali ini kami fokus pada akselerasi dan bukaan gas pertama. Sejujurnya jika harus membalap hari ini, kami akan tetap memakai motor lama. Ada beberapa aspek bagus yang kami coba, namun sayangnya itu tak akan siap hingga paket lengkap tersedia,” tutur Rossi.

Rossi tes fairing baru di Brno 2018

Yoi masbro, lagi-lagi Yamaha sepertinya masih belum siap benar dengan tuntutan Rossi akan pembaruan piranti elektronik di M1 tunggangannya. Nyatanya, tak banyak improve yang didapat Vale. Bahkan menurutnya, fairing radikal itu tak banyak membantu dan hampir sama saja.

“Saya rasa itu (fairing) tak banyak memberikan perbedaan. Yang terpenting sekarang adalah paket utuh agar kami melaju lebih cepat dan mengatasi masalah akselerasi,” tukasnya.

So, mampukah Yamaha segera berbenah? Sebab makin ke sini poin Marquez makin menjauh. Kini Rossi dan Marquez terpaut 49 poin. Artinya peluang mengejar tropi juara dunia juga semakin sulit. Di tes Brno kemarin Rossi berada di posisi tujuh dengan gap 0,709 detik dari Marquez di posisi pertama. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

4 thoughts on “Rossi Jajal Fairing Radikal M1 di Tes Brno. Efektifkah?

Silahkan Berkomentar di bawah sini