Rossi, Zarco dan Marquez Sepakat Bisa Balap di Aspal Basah Sirkuit Losail, Qatar

Diposting pada 39 views



Motomazine.com – Salam safety riding masbro.. setelah jalani sesi tes wet track di sirkuit Losail, Qatar, tiga pembalap MotoGP yakni Rossi, Zarco juga Marquez mengiyakan untuk bisa membalap di bawah lautan lampu dengan kondisi aspal basah. Ya, meskipun hujan dan harus melakukan race di bawah sinar lampu, ketiga pembalap ini mengatakan siap.

Beberapa seri balap Qatar acapkali dihadang dengan hujan. Seperti juga tahun lalu masbro, bahkan di tahun 2009 silam, gelaran MotoGP seri Losail harus ditunda hingga Senin malam akibat hujan yang luar biasa lebat.
Nah, menghindari delay seperti ini, kemarin saat pembalap jalani sesi tes hari ketiga, pihak Race Director berinisiatif mengguyur lintasan dengan air dari truk-truk tangki yang telah disiapkan, untuk mengetahui bagaimana reaksi para pembalap. Sebab apapun itu, keselamatan pembalap tetaplah menjadi prioritas utama pihak penyelenggara.

“Ini OK, saya rasa kita bisa melakukannya,” buka Rossi. “Saya berkendara sendirian, dan itu bukan masalah, namun belum tahu juga kalau kita harus berkendara dalam grup (balap sesungguhnya),” tambahnya.
“Tapi menurut yang saya rasakan kita bisa melakukannya tanpa banyak masalah. Grip juga bagus, normal seperti membalap di bawah guyuran hujan di sirkuit lainnya,” tutur The Doctor.

Sekata dengan Rossi, pembalap Monster Yamaha Tech3 Johann Zarco juga setuju jika balapan Qatar tetap digelar dalam kondisi hujan.

“Saat hujan, saya rasa semua pembalap di paddock saat ini siap untuk balapan,” ucap Zarco. “Masalah utama sebenarnya adalah mengenai pandangan. Dan setelah jalani tes, semua bagus, tak ada masalah bagi kami. Kemudian untuk grip, saya rasa dengan set-up terbaik kami bisa melaju dengan cepat,” lanjutnya.


Baca juga:


Meskipun sedikit ragu, juara dunia 2017 Marc Marquez juga menambahkan,

“Dengan kondisi basah memang sedikit sulit melihat kerbs dan garis putih. Namun saya rasa balapan bisa tetap berjalan meskipun hujan,” ujarnya.

So… dari tiga opini pembalap ini sepertinya memang memungkinkan sih Cak, untuk menggelar balapan malam Qatar dengan kondisi basah alias hujan.
Sebab kekhawatiran akan pantulan sinar lampu yang mengenai air dan bakal menggangu visibilitas pembalap sepertinya tak sepenuhnya benar.

Nyatanya baik Rossi, Marquez maupun Zarco sepakat bahwa balapan tetap bisa digelar dengan kondisi seperti itu. Dan tak hanya mereka, mantan pembalap MotoGP yang kini menjadi anggota komisi keselamatan MotoGP, Loris Capirossi pun juga memberikan lampu hijau jikalau balapan harus digelar di bawah guyuran hujan.
Menurutnya, karakter panas hawa gurun akan memberikan dampak positif yakni cepat mengeringnya air di atas lintasan. Jadi sekali lagi, sangat memungkinkan balapan Qatar bisa digelar di bawah guyuran hujan. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini