Cari Keseimbangan Rossi Alami Terlalu Banyak Spin Roda Belakang

Diposting pada 22 views


img_20180423_0255161392072970.jpg

Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi mengaku alami banyak spin di roda belakang M1 miliknya, terutama saat lakoni sesi free practice 2 di sirkuit Jerez, Spanyol. Pembalap berusia 39 tahun ini mengaku permukaan sirkuit yang di aspal ulang menyebabkan beberapa spin berlebih terutama di tikungan 1 dan tikungan 8.

Saat jalani sesi free practice 1 Jumat pagi, sebenarnya Rossi tak terlalu mengeluhkan gejala spinning yang melanda Yamaha M1 tunggangannya. Namun saat suhu aspal meningkat di sore hari, barulah gejala itu muncul. Parahnya menurut Rossi, apa yang terjadi di motornya mirip dengan gejala di Jerez 2017 silam. Walah, serem ki kalau beneran.

“Hari yang sulit, khususnya di sore hari, karena di pagi harinya saya merasa bagus dengan motor, dengan ban, dan FP1 tidaklah buruk. Tapi di sore hari, saat suhu lintasan meningkat, kami lebih menderita. Saya tak suka dengan keseimbangan pada motor. Kita harus memodifikasi keseimbangan motor secara keseluruhan,” tutur Rossi.

Lagi-lagi Rossi mengeluhkan performa ban belakang yang membuat motornya kurang seimbang.

Baca juga:

“Kita sangat menderita dengan ban karena sirkuit ini mendapatkan pengaspalan ulang. Aspalnya bagus, namun menyebabkan spin berlebih pada ban. Di situasi ini kami sangat menderita dan setelah beberapa lap kami  mulai kehilangan cengkeraman ban dan sedikit melambat dibandingkan kompetitor. Kita punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan kita lihat bagaimana nanti,” imbuh The Doctor.

Yamaha Movistar terlihat menderita dengan aspal baru. Tak hanya Rossi, Vinales pun sepertinya juga mengalami hal yang sama dengan Rossi. Pembalap Spanyol bernomor #25 ini juga mengeluhkan masalah grip ban yang  berkurang akibat tergerus oleh permukaan aspal yang baru.

img_20180319_001348880006767.jpg

Last… entahlah Cak, yang pasti Yamaha sepertinya menjadi pabrikan yang sedikit bingung dengan gampang terdegradasinya ban belakang. Dan anehnya, Honda dengan Marquez yang riding style nya seperti itu, sama sekali tak pernah mengeluhkan hal ini. Lagi-lagi, piranti elektroniklah yang sepertinya menjadi biang kerok. Namun apakah tak menjadi opsi bagi Yamaha untuk mencoba swingarm berbahan karbon layaknya Ducati? Yang bisa saja menjadi solusi terlalu terbebaninya bagian belakang?(imo) Di free practice 2 MotoGP Jerez kemarin Rossi ada di posisi 9 dan Vinales 12. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan Berkomentar di bawah sini