Rossi masih Khawatir dengan M1, tapi Tercepat ke-3 di FP2 MotoGP Le Mans

Diposting pada 23 views



Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi mengaku masih khawatir dengan perkembangan YZR-M1 miliknya. Diakuinya, setelah jalani race di Jerez sekaligus tes di Mugello, ternyata didapati fakta jika M1 sangatlah lambat. Lah…

Memang sih Cak, tak ada laptime resmi yang dirilis di tes Mugello kemarin. Namun dari beberapa kabar yang tersiar, Vale bahkan lebih lambat sekitar 1,3 detikan dibanding Marquez. Heluk, padahal ini di race track favorit Rossi loh.
Nah, berkebalikan dengan Jerez dan Mugello, ternyata Yamaha M1 bekerja sangat baik di Le Mans. Hasilnya, Rossi berhasil menjadi pembalap tercepat ke tiga di sesi free practice 2. Pembalap berjuluk The Doctor ini hanya terpaut 0,243 detik saja atas Dovisiozo di posisi pertama.
Baca juga:


Ditanya perihal kompetitifnya M1 di sirkuit Le Mans, Rossi menjawab jika sebenarnya M1 terlahir dengan kondisi yang kompetitif. Semua tergantung pada aspal dan kondisi cuaca.

“Ini masih Jumat (kemarin:red). Tapi sudah menjadi awal yang cukup bagus. Sejujurnya, ini lebih baik dari apa yang saya bayangkan. Sebab di Jerez dan bahkan di tes Mugello, kami sangat lambat,” tutur Rossi.
“Saya sangat khawatir. Tapi di sini motor kami bekerja dengan sangat baik. Secara sejarah memang motor kami tak begitu banyak alami spin di sini. Gripnya bagus, dan juga tikungannya pendek. Jadi elektronik tak begitu penting di sini. Wajar jika kami tak begitu menderita,” tambahnya.

Lebih jauh Rossi juga mengatakan keinginan Yamaha untuk menurunkan 4 motor tahun depan. Yup, meskipun belum jelas tim mana yang akan menyewa YZR-M1 kepada tim Iwata, namun pihak Yamaha sempat mengutarakan kepada Rossi untuk tetap menurunkan 4 motornya musim depan.

“Kemarin saya sudah berbicara dengan beberapa prinsipal Jepang. Intinya mereka tetap menginginkan 4 motor turun di grid untuk tambahan data. Dan bagiku, ya, itu bagus tentunya,” Rossi menambahkan.

Iya Cak, sepeninggal tim Tech 3 yang berlabuh ke KTM, Yamaha memang belum punya tim satelit lagi. Santer beredar kabar mereka tengah mendekati tim Marc VDS yang kini bergabung dengan Honda. Namun itu juga belum pasti.

Rossi saat jalani test resmi Jerez

Korelasinya kenapa Yamaha berbicara kepada Rossi, sedikit banyak tentu bisa kita tebak arah muaranya. Di Marc VDS saat ini bercokol Franco Morbidelli, anak didik Rossi. Jika Yamaha bisa meyakinkan Rossi dan Marc VDS, maka kemungkinan mereka akan mendapatkan pembalap kuat, sekelas Morbidelli. Atau jika Marc VDS tetap kekeuh bareng Honda, mungkinkah terbuka juga bagi SKY Racing Team VR46 untuk jadi tim satelit Yamaha? Entahlah… Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini