Tips Mudah dan Murah Atasi Bunyi Klothok-klothok CB150R

oleh



Motomazine.com – Masbro, seakan menjadi rahasia umum generasi Honda K15 acapkali mendapat serangan berupa munculnya suara klothok-klothok yang tentu saja membuat kuping sungguh tak nyaman. Yap, suara yang berasal dari tensioner ini memang menjadikan ‘cacat’ tersendiri terutama bagi mereka yang mengidamkan motor sempurna, walaupun aslinya gak ada 😜.

Masalah bunyi klothok-klothok yang mendera Honda CB150R memang seringkali ditemukan. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata tak semua Honda CB150R mengalami hal ini.
Kenapa mmz bisa bilang begitu? Sebab mmz sendiri adalah penunggang Honda CB150R. Dan hingga saat ini, masalah tersebut sama sekali tak ditemukan. Si CB150R yang mmz kasih nama SABRI, masih eces. Deru mesin juga masih halus mulus bak artis-artis tik tok.hehe…
Baca juga:


Lantas, jika ada Honda CB150R hang terserang virus klothok-klothok ini, terus solusinya bagaimana?
Yup, gak disangka tak dinyana. Ternyata jawabannya murah banget Sam. Memang sih, jika sampean mengganti satu set tensioner utuh, maka jatuhnya akan cukup terasa. Sebab satu set tensioner Honda CB150R dengan kode 14520KWG601 ini dijual hingga Rp 350 ribu. Heluk, gitu bilang murah. Ngapusi… Sek, sebentar sam.
Harga Rp 350 ribu itu adalah harga asli tensioner Honda CB150R. Lha untuk mengakalinya ternyata sangat murah. Sampeyan bisa ngeboyong tuh part tensioner milik Honda Karisma 125. Harganya pun cukup ramah di kantong. Paling berkisar Rp 45-50 ribuan.
Untuk pemasangan tensioner Honda Karisma pada CB150R ternyata juga cukup mudah. Kedua part tersebut ternyata saling bersubstitusi alias common part. Tinggal padang, plek dan gathuk, alias plug n play.
Dari tadi ngomongin klothok-klothok melulu, emang apa sih penyebab munculnya suara klothok-klothok pada tensioner Honda CB150R?
Nah, jawabannya ternyata cukup sederhana kok Sam. Jadi tensioner sendiri merupakan part berisi pegas atau lifter yang fungsinya mengatur atau menekan rantai keteng agar tak kendor dan bergerak bebas.

Namun seirig berjalannya waktu, kinerja lifter tersebut jadi tak maksimal dikarenakan pegas yang sudah mulai kendor tak mampu bekerja secara maksimal. Akibatnya ya itu tadi masbro, rantai keteng jadi kendor dan muncullah suara berisik yang pada Honda CB150R oleh pemakainya sering dijuluki dengan suara ‘klothok-klothok’.
So, mulai sekarang, jika sampeyan penunggang Honda CB150R, dan menemukan gejala klothok-klothok pada motor anda, jawabnya gampang kok masbro. Tinggal ganti saja dengan lifter tensioner milik Honda Karisma.

Atau kalau belum sempet kebeli ya bawa saja ke AHASS buat dikencengin. Dengan cara diganjal supaya pegas lebih kaku lagi. Namun cara ini tentu tak mampu bertahan lama. Jadi jawaban pastinya ya memang kudu diganti. Wong cuman 45 ribuan saja kok. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

6 thoughts on “Tips Mudah dan Murah Atasi Bunyi Klothok-klothok CB150R

Silahkan Berkomentar di bawah sini