Nyuci Motor setelah Touring selalu Menjadi Kenikmatan sekaligus Ritual Tersendiri buat Saya

Diposting pada 21 views



Motomazine.com – Masbro, mencuci motor tunggangan setelah dipakai touring memang menjadi kebiasaan, ritual, bahkan sebuah kenikmatan tersendiri buat saya. Wes ora usah mikir seng macem2, ora dilebokno knalpote Cak, tapi maksutnya kenikmatan setelah pada akhirnya melihat tunggangan kembali kinclong kinyis-kinyis ngebikin lalat keplese 😂.

Nah, seperti juga kemarin sehabis pulang dari Touring Kemerdekaan bareng MPM, si SABRI, New Honda CB150R tunggangan mmz praktis langsung berubah warna. 300 kilometer perjalanan sukses membuat tampilan kinyisnya berubah buluk bercampur debu dan kotoran yang diterjang sepanjang jalan.
Yawes, karena memang saya ini tipenya orang yang gak begitu nyaman nunggang motor kotor, amunisi pun disiapkan. Sabun, sikat, spon, serta niat dan kemauan, halah. Sebab nyuci motor sport itu gak sesimpel nyuci motor matic yang tinggal gebyur, gosok dan keringkan. Ada banyak sekali celah yang harus dijangkau dan dikorek supaya motor kembali bersih maksimal.
Baca juga:


Oh ya, buat sampeyan pengguna New CB150R harap berhati-hati saat menggosok area head cylinder aka kop masbro. Sebab di sana ada bagian tajam yang bisa melukai tangan sampeyan jikalau tak berhati-hati. Entah, bagian ini ada di SABRI saja atau CB150R sampeyan juga ada.
Selanjutnya yang perlu mendapat perhatian lagi adalah area rantai. Sebisa mungkin gosok sampai bersih Kangbro. Kalau saya khusus untuk membersihkan rantai, pakai deterjen bubuk. Apapun merknya monggo, terserah sampeyan mana yang diyakini paling sreg di hati.
Setelah motor dikeringkan dengan kanebo, jangan lupa rantai kembali dikasih pelumas (chainlube) supaya kembali licin dan mencegah suara camry (osak)😁.
Buat yang miara motor fairing mungkin butuh sedikit usaha untuk menggapai area di balik fairing khususnya knalpot dan head. Sebab di sana sering berkumpul kotoran hasil cipratan roda depan.

Last… Seperti yang mmz tuliskan di judul, mencuci motor sehabis touring memang menjadi kebiasaan yang susah untuk saya tinggalkan. Apapun itu motor yang bersih biasanya selalu memberikan performa yang lebih optimal. Entah cuman sugesti atau bukan, yang pasti menurut saya nunggangin motor bersih dan kinclong tuh selalu ngasih sensasi tersendiri. Bawaanya ki wuenak ngono loh Cak… Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Nyuci Motor setelah Touring selalu Menjadi Kenikmatan sekaligus Ritual Tersendiri buat Saya

Silahkan Berkomentar di bawah sini