Catalunya, PR Baru bagi Rossi dan Yamaha

Diposting pada 76 views

MOTOMAZINE.COM – Jelang motoGP Catalunya Valentino Rossi dan Yamaha kembali dihadapkan pada weekend yang tidak menentu. Setelah performa jeblok di Mugello, Rossi masih harus menerima kenyataan bahwa M1 tunggangannya masih sepertiĀ  itu, belum mendapatkan update apapun. Ya, aturan regulasi yang melarang mengotak-atik mesin selama musim berjalan membuat Yamaha seolah berjalan di tempat. Mirisnya, makin ke sini performa M1 malah semakin menurun, jauh dari harapan, dan bahkan makin parah, mulai disalip Suzuki.

Sebuah kenyataan yang sangat pahit karena keunggulan M1 di speed corner nyatanya kini dilibas Suzuki. Ini bukan opini semata, tapi merupakan sebuah fakta yang diungkap saat race Mugello kemarin. Keunggulan Yamaha di speed corner nyatanya kini berada di bawah Suzuki. Paduan sasis GSX-RR terbaru sudah mampu kalahkan kemampuan Yamaha di tikungan. Dan jika diperhatikan, di Mugello kemarin, Alex Rins selalu bisa menyodok Honda dan Ducati di tikungan, walau harus keteter di lurusan.

Ya, mesin inline 4 milik Suzuki yang identik dengan M1 sepertinya masih menjadi titik lemah dibanding mesin V4 Ducati dan Honda. Walaupun tak dapat dipungkiri Alex Rins berhasil menggeber GSX-RR nya hingga tembus 350 kpj di trek lurus Mugello.

Kembali ke Valentino Rossi dan Yamaha… Sempat disebutkan Rossi saat ini mendesak Yamaha untuk bekerja mengatasi kekurangan yang ada pada YZR-M1. Tak hanya memble di trek lurus, nyatanya YZR-M1 sangat kedodoran di seg akselerasi. parahnya, corner speed yang menjadi andalan mereka sudah direbut Suzuki. Kalau sudah begini, lantas apa yang mau dipakai sebagai senjata untuk bertarung? Late Braking-nya Rossi? NO..!!! Itu hanya membantu di cornering entry saja!

“Setelah akhir pekan yang rumit di Mugello kami akan menghadapi Barcelona, trek yang sangat saya suka. Sejujurnya kita akan menghadapi tantangan lainnya, karena putaran lalu (Mugello) kami sangat menderita. Jadi kami akan bekerja keras,” tutur Rossi.

“Kita akan bekerja semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. Di hari Senin juga akan diadakan tes resmi dimana kami akan mengambil kesempatan untuk memperbaiki performa motor,” lajutnya.

Yap, sebuah pernyataan ironi dari seorang The Doctor. Pembalap paling sukses di Catalunya. Dengan 10 kali kemenangan sebenarnya Rossi kantongi segudang pengalaman di sirkuit kebanggan Marquez dkk. ini.

Masih ingat kan momen 2009? Dimana Rossi menyalip Lorenzo di last corner? Tempat yang bukan seharusnya bisa digunakan untuk menyalip? Ya, karena Rossi, pengalaman, dan performa M1 saat itu yang berjaya.

Namun kali ini, musim 2019 ini, semuanya serasa berkebalikan. dengan ban Michelin, ECU seragam Magneti Marelli dan united IMU kemampuan M1 seperti terkebiri. Power di lurusan yang kurang ditambah masalah pada akselerasi yang kurang nampol, ditambah lagi ban belakang yang kadang awet kadang nggak..Hmmm…

Ya sudah… Selamat berjuang Pakde Rossi! Semoga akhir pekan ini menjdi weekend yang lebih baik buat Yamaha. Semoga berguna… (mmz)

3 thoughts on “Catalunya, PR Baru bagi Rossi dan Yamaha

Silahkan Komentarnya Kangbro