Penasaran, Sebenarnya Truk Pertamina Angkut Satu Jenis BBM atau beberapa Jenis Sekali Jalan?

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Selamat pagi, selamat Senin dan semoga pemirsa semua bahagia di manapun dan apapun yang sedang sampean lakukan. Artikel kali ini  berangkat dari kekepoan mmz atas pertanyaan yang muncul pada akun FB Motuba. Mbah-mbah yang sering ke sana pasti sudah paham lah… Pertanyaannya sederhana, tapi butuh jawaban yang harus bereferensi kuat. Pertanyaannya adalah dalam sekali jalan, truk Pertamina tuh sebenarnya bawa satu jenis BBM saja atau beberapa jenis? Penasaran kan? Berikut jawabannya…

Mmz coba mencari referensi ke sana kemari dan akhirnya nemu sebuah jawaban sahih  yang pasti dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Yaps, dilansir dari Gridoto, jawaban atas pertanyaan ini langsung diungkap oleh Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication Pertamina.

“Truk tangki BBM memiliki sekat-sekat. Jadi bisa membawa beberapa jenis BBM,” tuturnya.

Lebih jauh beliau juga menjelaskan jika truk pengangkut BBM Pertamina memiliki kapasitas yang berbeda-beda termasuk mengapa di dalam tangki harus ada sekat-sekatnya. Ya meskipun tentunya sampean semua sudah mengetahuinya, namun tak ada salahnya lebih diperjelas  lagi.

“Tangkinya memiliki beberapa sekat. Tujuannya untuk safety. Antara lain memperkecil guncangan cairan saat truk berjalan sehingga elbih mudah dikendalikan, maupun untuk optimalisasi pendistribusian bahan bakar, sehingga satu truk bisa membawa beberapa jenis bahan bakar tanp tercampur.” lanjutnya.

Sudah jelas kan sekarang, kalau ternyata truk pengangkut BBM Pertamina tuh tangkinya punya beberapa sekat. Tujuannya selain untuk kepentingan safety yakni meminimalisir guncangan cairan saat truk berjalan, juga untuk mengoptimalkan distribusi BBM. Karena setiap SPBU kan biasanya minta pasokan jenis BBM  berbeda nih. Jadi dalam sekali jalan bisa tuh nyetok ke beberapa SPBU.

Untuk berapa jumlah sekat yang ada dalam tangki truk pertamina, Eko Kristiawan selaku Unit Manager Communication Relation & CSR Pemasaran Regional Jawa Barat menjawab, “Ada yang 2, 3 atau 4 kompartmen. Biasanya satu kompartmen berisi 8 kilo liter,” terangnya.

So, sudah jelas kan sekarang. Jadi jangan lagi menganggap kalau tangki truk Pertamina itu satu tabung utuh kayak tong loh ya. Melainkan bersekat-sekat yang bisa dimanfaatkan untuk membawa berbagai jenis BBM sekali jalan. Semoga berguna (mmz).

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.