Sering Biarkan Tangki Bensin Kosong Sebabkan Fuel Pump Cepat Rusak?

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Mengisi bensin menjadi sebuah keharusanĀ  bagi sampean yang ingin bepergian menggunakan kendaaraan bermotor, entah itu sepeda motor maupun mobil. Namun nyatanya, dalam kehidupan sehari-hari, ternyata masih banyak yang malas-malasan mengisi bensin. Termasuk membiarkan tangki bensin benar-benar kosong baru melakukan isi ulang. Apakah tindakan ini bisa membuat fuel pump cepat rusak?

Lebih jelasnya mmz sudah punya jawaban langsung dari pabrikan yang mmz nukil dari Gridoto. Dilansir dari pernyataan Bapak Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT. Astra Honda Motor (AHM), beliau memberikan jawabanĀ  yang semoga bisa mencerahkan.

“Secara umum membiarkanĀ  tangki kosong memang berpengaruh terhadap fuel pump,” terangnya.

“Seandainya tangki bensin kosong, akan membuat kinerja fuel pump yang berfungsi memompa bensin ke mesin lama-lama bakal berkarat. Karena akan timbul ruang kosong di dalam tangki yang bisa mengakibatkan embun/air sehingga membuat fuel pump dan tangki berkarat,” tambahnya.

Yaps, secara logika fuel pump memang harus selalu terkena bensin. Sebab bensin sendiri ternyata juga berfungsi sebagai pendingin fuel pump. Lebih jauh Pak Endro pun menjelaskan.

Bensin itu juga berfungsi sebagai pendingin dari fuel pump. Kalau itu (bensin) tidak ada maka fuel pump akan bekerja lebih panas dan berat.”

Kalau kinerja fuel pump lebih panas dan berat tentu akan mempengaruhi usia si fuel pump itu sendiri. Yang seharusnya komponen tersebut bisa bekerja lebih optimal dan awet, mendadak bisa rusak atau berusia lebih cepat karena kinerja fuel pump yang berat.

Selain itu membiarkan tangki keseringan kosong juga berpotensi membuat fuel pump bisa menyedot karat yang timbul akibat tangki yang berembun dan berair. So, masih akan sering membiarkan tangki bensin sampean kosong? Eh, kalau selalu nyisa satu atau dua liter gimana ya? Semoga berguna (mmz).

Artikel terkait:

Tinggalkan Komentar di sini