Meski bergaransi berikut Hal yang harus diperhatikan terkait Quick Shifter R15M

Diposting pada

Motomazine.com – Yamaha R15M Connected ABS menjadi satu-satunya motor sport fairing kelas 150cc-an yang mendapat piranti quick shifter. Saya pun tergelitik untuk mengetahui lebih jauh tentang quick shifter Yamaha R15M ini. Ada beberapa poin yang saya tanyakan langsung kepada core of the core, intinya inti mekanik DDS Yamaha Mandiri. Dan berikut kesimpulan pertanyaan serta jawaban seputar Quick Shifter Yamaha R15M.

Q: Apakah Yamaha sudah memberikan garansi atau antisipasi apabila rider R15M nantinya terus memakai quick shifter (upshift) tanpa mau narik kopling?

A: Yamaha memberikan fitur sudah barang tentu dengan mempertimbangkan segala sesuatunya. Jadi konsumen boleh saja mau terus pakai quick shifter saat upshifting. Yang penting QS bekerja saat putaran mesin mencapai 2000 rpm atau lebih dan kecepatan lebih dari 20 kpj. Garansi QS Yamaha R15M selama 1 tahun. 

Q: Apakah Quick Shifter R15M bisa dipasangkan ke R15 V3?

A: Banyak sekali yang harus diubah saat memaksa memasangkan quick shifter Yamaha R15M ke R15 versi 3. Tak hanya speedometer agar tampilan lebih optimal, namun kita juga musti merombak ECU dan sensor kelistrikan karena kedua generasi motor ini sudah benar-benar berbeda. 

Q: Apakah dealer sudah siap apabila ada konsumen R15 connected yang ingin memasangkan quick shifter saat melakukan pembelian?

A: Sejauh ini progres belum mengarah ke sana. Karena dari pihak Yamaha sendiri belum ada rencana ke situ. Namun ke depan pasti akan ada training mekanik terkait hal ini. Dan melihat QS R15M yang langsung pnp dengan R15 connected, sepertinya ke depan hal ini isa dipertimbangkan.

Lebih jauh pihak Yamaha juga menyarankan untuk tidak melakukan modifikasi pada piranti quick shifter si R15M. Hal ini merujuk pada garansi itu sendiri. Saat owner melakukan modifikasi dan merubah baik mekanis dan sensor elektrik si QS ini, maka garansi bisa hangus.

Jadi pesan moralnya adalah, motor ini sudah ganteng dari lahir. Terus mau diapakan lagi? Begitu kira-kira. Tapi yang namanya warga +62, pasti ada saja ‘polahnya’. Yang pasti kalau mmz sendiri, paling modifikasi hanya menyentuh bagian-bagian pengoptimal performa saja. Sebut saja ban ganti ke Diablo Rosso san gearset ke SSS. Gitu saja sudah cukup. Atau kalau sreg ya ganti kanlpot Sakura bamboo slash. Semoga kebeli. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “Meski bergaransi berikut Hal yang harus diperhatikan terkait Quick Shifter R15M

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini