Anti Fomo, Suzuki Rilis GSX-8R di EICMA

Diposting pada

Motomazine.com – Sebuah gebrakan meluncur dari Suzuki. Meski mereka memutuskan mundur dari ajang MotoGP, namun nyatanya inovasi tiada henti masih dipegang tinggi. Buktinya di ajang EICMa 2023 ini. Secara tak terduga Suzuki merilis sportbike terbarunya berlabelkan GSX-8R. Mengambil basis mesin dan sasis dari GSX-8S, Suzuki GSX-8R ditujukan untuk rider yang doyan dengan tampilan sportbike berergonomi menunduk.

Suzuki GSX-8R sendiri memakai mesin 4-tak DOHC twin silinder berkubikasi 766cc dengan pendingin cairan. Mesin ini menjadi pilihan karena memiliki karakter torsi yang nonjok, serta tenaga yang lebih merata sehingga membuat pengendalian sepeda motor jadi lebih lincah. Penggunaan piranti elektronik model terbaru diyakini mampu memanjakan rider saat membesut GSX-8R ini.

Mesin Suzuki GSX-8R mampu muntahkan power maksimal di angka 82,9 PS pada 8.500 rpm serta torsi puncak mencapai 78 Nm di kitiran 6.800 rpm. Tenaga sebadak ini dipadukan dengan Suzuki Intelligent Ride System (SIRS) yang memungkinkan pengendara melakukan penyetelan mode berkendara sehingga lebih cocok dengan karakternya.

Suzuki GSX-8R menggunakan speedometer berdisplay TFT 5 inch. Speedometer ini menunjukkan berbagai informasi terkait sepeda motor mulai dari kecepatan, kondisi traction control, odometer, fuelmeter, posisi gigi, quick shifter, kondisi baterai (aki), jam digital, takometer dan banyak lagi informasi yang lain. Menariknya, pengendara bisa melakukan setting raungan rpm agar indikator peringatan berkedip-kedip saat rpm sudah mencapai puncaknya. Pengendara juga bisa memilih display siang dan malam (putih dan hitam) pada layar speedometer GSX-8R.

Suzuki GSX-8R menggunakan lampu depan model tumpuk heksagonal berbalut fairing tajam dan berkarakter. Lampu belakangnya unik. Bukan bertempat di buntut cover, melainkan menyatu dengan spakbor belakang, persis di tengah dari sein belakang. Penempatan tail light model ini membuat tampilan GSX-8R terlihat lebih slim dan jauh lebih sporty.

Sasis GSX-8R menggunakan model tubular. Sasis ini didesain agar berpasangan sempurna dengan platform mesin kembar paralel dan terbuat dari bagian tabung baja dengan kekakuan yang dioptimalkan. Rangka dirancang untuk berkontribusi pada penanganan yang lincah, memberikan stabilitas lurusan yang sangat baik, dan untuk bekerja sama di lingkungan perkotaan atau di medan yang lebih sporty seperti berkendara di jalan yang berkelok-kelok.

Suzuki GSX-8R memakai suspensi depan upside down Separated Function Fork-Big Piston (SFF-BP) dari Showa. Memaksimalkan piranti pengereman, rem depan memakai rem cakram dobel dengan piston radial dipadu disk brake 310 mm dari Nissin. Rem belakangnya menggunakan single disk brake single piston berdiameter cakram 240 mm. Swingarm memakai bahan aluminium sehingga mengurangi bobot dan menambah kehandalan pengendalian. Untuk roda depan memakai ukuran ban 120/70-17ZR sedangkan ban belakangnya dipasok ban Dunlop 180/55-17ZR. Dengan ban segemuk ini pengendalian Suzuki GSX-8R akan jauh lebih mantab.

Suzuki GSX-8R hadir dalam tiga pilihan warna yakni Metallic Triton Blue, Metallic Matt Sword Silver, dan Metallic Matt Black. Untuk harganya akan segera diumumkan, sebab kemungkinan motor sport rilisan Suzuki ini baru akan hadir di Februari 2024 mendatang. Duh, malah penasaran dengan GSX-R150 nih! (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini