Kirab Pusaka : Sebuah Tradisi Grebeg Suro Kota Ponorogo yang Tetap Terpelihara Hingga Kini

Diposting pada 206 views

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Sebelumnya motomazine mengucapkan selamat tahun baru Hijriyah 1437 bagi pembaca semuanya yang beragama Islam. Semoga kita semua senantiasa dikaruniai rezeki dan kebaikan. Amiinn…
Bro dan sis..  Kemarin hari Selasa (13/10/2015) masyarakat Ponorogo berbondong-bondong menghadiri dan menyaksikan ritual kirab pusaka. Kirab Pusaka sendiri merupakan salah satu rangkaian dari beberapa event Grebeg Suro yang senantiasa dihelat dan dilestarikan oleh warga masyarakat dan pemerintah daerah Ponorogo.

image
Pasukan pembawa pusaka

Kirab Pusaka dimulai pada pukul 15.00 dengan start dari makam Bathoro Katong di Pasar Pon (kota lama) untuk selanjutnya rombongan bakal bergerak menuju aloon-aloon Ponorogo (kota tengah). Rombongan sendiri terdiri dari banyak kalangan dan instansi. Mulai dari rombongan pengarak pusaka itu sendiri, rombongan berkuda, serta instansi-instansi Pemda dan sekolah.
Walaupun acara digelar di saat mentari bersinar dengan sangat terik namun terlihat antusiasme masyarakat Ponorogo tak berkurang sedikitpun. Mereka tetap setia menanti lewatnya rombongan dengan berjajar memenuhi kanan dan kiri badan jalan yang dilewati rombongan.

image
pasukan berkuda

Rute yang diambil dimulai dari makam Bathoro Katong ke barat sampai ke pasar legi, berbelok ke selatan sampai ngepos untuk selanjutnya melewati jalan Jend. sudirman ke barat dan finish di aloon-aloon Ponorogo.

image

Setelah acara kirab pusaka maka rangkaian event grebeg suro bakal ditutup dengan larung sesaji di Telaga Ngebel Ponorogo, hari ini (14/10/2015) dimulai dari jam 09.00 pagi (MMz/red).

image

image

image

image

image

image

Related Posts:

8 thoughts on “Kirab Pusaka : Sebuah Tradisi Grebeg Suro Kota Ponorogo yang Tetap Terpelihara Hingga Kini

Silahkan Komentarnya Kangbro