MotoGP: Valentino Rossi Keluhkan Kurangnya Power Yamaha M1 di Trek Lurus..!!!

Diposting pada

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Yamaha Movistar MotoGP telah memperkenalkan livery Yamaha M1 untuk musim balap 2016 di Barcelona pada 18/1/2016 kemarin. Tak banyak berubah memang, dan justru menurut MMz liverynya sama saja dengan grafis dan warna Yamaha M1 musim lalu.
Namun bahasan kita kali ini bukan pada livery M1, melainkan kurangnya power si mesin inline 4 silinder racikan Yamaha ini khususnya di trek lurus. Tak tanggung-tanggung, pebalapnya sendiri Valentino Rossi yang mengeluhkan hal ini.
Yup.. Meskipun pebalapnya menjadi juara dunia dan M1 keluar sebagai juara konstruktor namun sesungguhnya kemampuan M1 di lintasan lurus sangatlah mengenaskan. Bisa kita review bagaimana Ducati dan bahkan Honda begitu mudah menyalip si M1 di jalur lurus.
Okelah… Dari sisi ability di tikungan memang YZR M1 bisa dibilang motor yang memiliki kestabilan paling bagus diantara motor-motor kompetitor. Namun dengan semakin kompetitifnya lawan keunggulan (di tikungan) ini saja tidak cukup.
“Kita akan mencoba menambahkan sedikit power terutama di lintasan lurus. Itulah satu-satunya yang menyiksa kami di musim lalu”, tutur Rossi saat launching livery M1 seperti dikutip oleh Motorsport.

image

Tak hanya kurangnya power, namun tim garputala juga harus berjuang lebih keras dengan set-up ulang demi menyesuaikan M1 dengan ban Michelin.
“Feeling dengan ban depan Michelin masih menjadi masalah tersendiri. Karena dibanding Bridgestone Michelin sangat jauh berbeda”, ungkap pebalap berusia 36 tahun tersebut.
“Seperti beberapa tahun lalu saat kami memutuskan untuk pindah dari Michelin ke Bridgestone itu sangat tidak mudah. Butuh waktu yang tak sebentar untuk menemukan setting terbaiknya”, imbuh Rossi.
Kembali ke masalah power di lintasan lurus tentu akan sangat dibutuhkan Rossi untuk mampu lebih kompetitif lagi di musim ini. Sebab beda 5-10 kpj saja di MotoGP itu sudah berdampak sangat besar.

image

FYI, selama balap terakhir di Valencia kemarin Andrea Iannone bersama Ducati GP15 berhasil menjadi pebalap dengan raihan topspeed tertinggi yakni 335,9 km/jam. Sedangkan Valentino Rossi, yang membubuhkan topspeed terbaik diantara pebalap Yamaha lain hanya mampu bertengger di angka 323,7 km/jam saja..
Kalau terus-terusan seperti ini tentu perjuangan menaklukan lawan di tiap tikungan akan terasa hambar saat harus dibabat di trek lurus.. Piye masbro.. Sakit kan..???? (MMz/red)
Related Posts:

6 thoughts on “MotoGP: Valentino Rossi Keluhkan Kurangnya Power Yamaha M1 di Trek Lurus..!!!

Tinggalkan Komentar di sini