Aprilia RS-GP 2016 Menampakkan Diri di Aragon

Diposting pada

image
Aprilia RS-GP 2016

Motomazine.com – salam safety riding bro sis… Pabrikan asal Italia selain Ducati yakni Aprilia yang mulai musim lalu mulai serius berlaga di balap MotoGP akhirnya menunjukkan senjata terbaru mereka dalam menghadapi musim balap tahun 2016..
Yup, motor prototype hasil racikan Aprilia ini diberi nama Aprilia RS-GP… Meskipun menggunakan nama yang sama dengan pendahulunya namun sang kuda besi baru ini ternyata sangat berbeda jika dibandingkan dengan Aprilia RS-GP versi 2015 yang masih menggunakan basis mesin dari Superbike RSV-4..

image
Aprilia RSV4 Biaggi

Mesin Aprilia RSV-4 sendiri sebenarnya sudah melanglang buana di kancah balap roda dua dunia.. Sebab mesin ini pula yang berhasil membawa Max Biaggi menjadi juara dunia WSBK musim 2012 lalu..
Mengenai mesin Aprilia RS-GP versi 2016 sendiri dikabarkan telah mengalami perubahan.. Sama-sama menggunakan layout mesin V4 namun dengan derajat berbeda. Jika mesin 2015 menggunakan layout V4 dengan sudut 65°, maka Aprilia RS-GP versi 2016 menggunakan layout mesin V4 bersudut 75°.

image
Aprilia RS-GP 2015 Bradl

Tak hanya itu, dari segi fisik pun si RS-GP versi 2016 juga mengalami banyak perubahan dibanding versi tahun lalu. Dari foto terlampir kita bisa melihat dari model fairing hingga keseluruhan bodi yang kali ini menurut MMz cenderung agak semok. Bila boleh disamakan, ada aura RC213V dan Ducati GP14 di bagian buritannya.
Untuk sasis, Aprilia masih mempercayakan rangka model twin spar alumunium. Sedangkan swingarmnya pun sama, menganut model arm banana terbalik layaknya yang dipakai para kompetitor..
Lebih jauh Romano Albesiano, bos tim Aprilia Racing via Motomatters juga menyebutkan jika mereka telah memodifikasi jeroan mesin. Layaknya Yamaha dan Ducati, mesin V4 Aprilia RS-GP versi 2016 kali ini menggunakan sistem counter-rotating crankshaft. Counter-rotating crankshaft sendiri memberikan keuntungan dimana sepeda motor menjadi lebih mudah diajak berbelok. Gerakan crankshaft yang melawan arah jarum jam mampu melawan gaya giroskopik dari roda hingga sangat membantu motor untuk tidak terlalu wheelie saat berakselerasi selepas tikungan CMIIW..

image
Mike di Meglio test Aprilia RS-GP 2016

Hasil tes yang dilakukan Aprilia bersama tester ridernya Mike Di Meglio di sirkuit Aragon hari Rabu lalu pun ternyata memberikan dampak positif bagi tim. Selama pengujian nyaris tak ada kendala berarti. Dan Aprilia RS-GP versi 2016 mampu dipacu sesuai harapan tim.. Namun sayangnya, di pertengahan tes Mike mengalami kecelakaan. Akibat kecelakaan ini Mike harus dilarikan ke rumah sakit, sehingga tes terpaksa berakhir lebih awal.. (MMz)
Related Posts:


=========================
Bro dan sis punya berita dan informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng Motomazine di:
email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• WA: 085233819298

2 thoughts on “Aprilia RS-GP 2016 Menampakkan Diri di Aragon

Tinggalkan Komentar di sini