MotoGP Argentina 2016: Berkah bagi Rossi dibalik kesialan Duo Ducati

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Jalannya balap GP Argentina kali ini memang membuat banyak pihak geleng-geleng. Antara bingung, gemes, kecewa dan gregetan menyaksikan berbagai insiden yang menimpa pebalap kesayangan mereka.

Bagaimana tidak, trek yang belum sepenuhnya kering membuat pebalap harus ekstra hati-hati dalam buka dan tutup throttle terkait dengan ban Michelin yang memang belum diketahui benar karakternya di lintasan semacam ini. Aspal Termas yang lumayan abrasif terhadap ban juga menjadi momok tersendiri bagi para pebalap.
Dan benar saja.. Baru beberapa lap balapan digelar, Loris Baz, Jack Miller, Cal Crutchlow, Yonny Hernandez juga Jorge Lorenzo harus merasakan keganasan aspal sirkuit Termas dan akhirnya menyeret mereka ke gravel.
Awalnya balapan berlangsung sangat seru. Marc Marquez dan Valentino Rossi yang memang sedang on fire saling berjibaku memperebutkan posisi terdepan. Aksi saling salip kembali mereka pertontonkan hingga menjelang lap ke sepuluh dimana keduanya harus masuk ke dalam pit untuk berganti ban (aturan flag to flag).

image

Namun sayang, Rossi yang semula memanas tetiba saja seperti kehilangan rasa pede saat mengendarai motor kedua. Selisih waktu dengan Marc yang terus ngibrit di posisi pertama kian membesar hingga menyentuh angka 5 detikan. Alhasil tiga pebalap di belakang Rossi yakni Maverick Vinales, Andrea Dovisiozo dan Iannone berhasil menempel ketat Vale.
Tak lama Vinales berhasil mengovertake Rossi. Namun Rossi kembali mampu mengamankan posisi kedua setelah berhasil membalas menyalip Vinales. Tetapi nasib kurang beruntung menimpa pebalap Suzuki tersebut. Berusaha mengikuti racing line Rossi, Vinales justru terjerembab di empat lap jelang finish.

image

Vinales crash GP Argentina 2016

Praktis kini hanya duo Ducati yang berganti melawan Rossi. Tak ayal, tiga Italiano bertarung memperebutkan posisi kedua. Kikuknya Rossi dengan sepeda motor pengganti rupanya dimanfaatkan benar oleh duo Andrea. Mengandalkan galaknya power Desmosedici GP16 mereka berhasil menyalip Rossi dan menggeser Rossi beserta Yamaha M1-nya di posisi keempat.
Tak patah arang, Rossi terus berusaha menguntit dua motor merah tersebut. Namun kali ini sepertinya sulit. Sebab duo Ducati tersebut terlihat begitu digdaya. Sampai tiga tikungan jelang finish pun MMz berpikir bahwa Rossi akan mendapatkan posisi yang sama seperti balapan Qatar. Yup, posisi keempat.

image

Namun kembali, faktor luck berkata lain. Iannone yang begitu bernafsu tetiba saja masuk dan berusaha mengambil celah sempit di bagian kanan Dovisiozo. Akibat terlalu kencang saat memasuki tikungan Iannone pun gagal mengendalikan motornya. Alhasil dia pun terlepeleset tepat di samping Dovisiozo. Hasilnya? Jelas masbro.. Keduanya beriringan pergi bersama ke arah gravel..

image

Iannone dan Dovisiozo crash GP Argentina 2016

Akan tetapi kesialan bagi Iannone dan Dovisiozo ini (boleh dibilang begitu), justru memberikan berkah bagi Rossi. Doi yang semula hanya berpeluang kecil menapaki podium MotoGP Argentina akhirnya berhasil menjejakkan kakinya di tempat kedua dengan selisih waktu menyentuh 7 detikan dari Marquez yang begitu ‘pecicilan’ di posisi pertama.
image

Andrea Dovisiozo yang terlibat crash dengan Iannone rupanya tak mau menyerah begitu saja. Pebalap bernomor #4 ini segera membangunkan dan menuntun motornya hingga melintasi garis finish dan berada di posisi ketiga belas.
image

So… Apapun itu, kencangnya motor, lihainya skill, ternyata tak lantas langsung mampu membawa pebalap juara. Ada faktor penentu yang juga berperan besar di dalamnya. Yup… faktor luck dari pebalap itu sendiri…
Insiden antara Iannone dan Dovisiozo sendiri masih dalam proses investigasi tim Race Director. Semoga keduanya diberikan kesabaran, agar tak bersitegang. Gak lucu kan kalau pada akhirnya semua pebalap pada bersitegang dan tak saling tegur sapa… Sudahlah… Contoh nyatanya ada di podium MotoGP Argentina barusan… #eh :mrgreen: (MMz)
Artikel terkait:


========================
Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di motogp dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke MotoGP Argentina 2016: Berkah bagi Rossi dibalik kesialan Duo Ducati

  1. prasprass berkata:

    Keberhasilan bagi Marquez rossi dan pedrosa

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s