Ini bahayanya Sarung Tangan Nempel di Handgrip Sepeda Motor

Diposting pada


sarung-tangan-motor
Contoh motor dengan sarung tangan di stang

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Perkembangan teknologi persepeda motoran rupanya selalu diikuti dengan makin marak dan beragamnya aksesoris yang menyertainya. Mulai dari pernak-pernik modifikasi pendongkrak tampilan motor, hingga aksesoris-aksesoris lain bagi biker.

Nah,dewasa ini sering kita jumpai beberapa biker terutama kaum hawa yang acapkali menggunakan sarung tangan. Bukan sarung tangan sebnarnya, melainkan sarung tangan yang terintegrasi dengan handgrip motor. Entah apa tujuan mereka memakai aksesoris tersebut. Yang pasti sarung tangan tempel tersebut sangat berbahaya apabila si rider dihadapkan pada panic situation, yang membutuhkan pemikiran, dan gerak reflek cepat namun tepat.

Menurut Jusri Pulubuhu Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan bahwa hal ini sangat berbahaya bagi pengendaranya.

“Gila ya…kreativitas yang membahayakan…insinyur-insinyur di RND pabrik saja ga sama sekali berpikir ke sana,” paparnya seperti dikutip Dapurpacu.

Tangan yang dimasukkan ke dalam sarung tangan tersebut otomatis akan kesulitan dikeluarkan atau jika harus dipaksa melakukan panic braking, maupun tindakan-tindakanpenyelamatan lain. Sebab yang namanya berkendara di jalan raya tentu tak selalu semudah dan semulus apa yang kita pikirkan. Jadi selama suatu aksesoris itu justru lebih banyak tak manfaatnya, lebih baik kita hindari saja penggunannya. Sebab salah-salah justru bisa mengundang celaka.

Last.. Selalu waspada, jangan merepotkan diri dengan piranti-piranti tak penting pada motor. Dan pastikan anda telah memakai safety gear yang mumpuni dan direkomendasikan serta terstandar nasional. Semoga Tuhan senantiasa memberikan keselamatan kepada kita… (MMz)

 

================

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • motomazineblog@gmail.com

 

0 thoughts on “Ini bahayanya Sarung Tangan Nempel di Handgrip Sepeda Motor

Tinggalkan Komentar di sini