Tips Mudah atasi Rantai New Honda CB150R yang “Camry”

Rantai sepeda motor yang bersih dan tidak berisik adalah salah satu faktor penunjang kenyamanan dalam berkendara

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Rantai sepeda motor belakangan ini memang mudah sekali mengeluarkan suara-suara “camry” yang tentu saja sangat menggangu pendengaran anda tatkala riding. Hal tersebut muncul karena banyak faktor seperti debu dan kotoran yang menempel terlalu banyak, kondisi rantai dan sproket kering, maupun karena usia rantai yang memang sudah tua.

 

Berbicara masalah rantai yang berisik, alias camryosak :mrgreen: , rupanya hal ini sedikit banyak sudah akan mendera SABRI. Ya, New Honda CB150R SF mitra perjalanan motomazine yang kini sudah memakan odometer ke 1400-annya, mulai mengeluarkan suara “crek-crek” saat dipakai berdesaselerasi. Artinya, rantai memang sudah waktunya dicek.

Baca juga:

Pertama yang mmz lakukan adalah mengecek ketegangan rantai. Yup, karena toleransi ketegangan antara rantai dan arm masih bagus maka masuklah kita ke step selanjutnya. Bebersih..

Ya, tak perlu ruwet. Cukup bersihkan rantai berbarengan dengan saat anda mencuci motor masbro. Gunakan deterjen pencuci pakaian dan bersihkan rantai menggunakan serabut kelapa atau sikat. Di sini mmz tak merekomendasikan bensin, sebab dari pengalaman yang sudah mmz lakukan, membersihkan rantai dengan bensin justru membuatnya terasa longgar (cmiiw).

Pasca rantai bersih dari kotoran yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menyemprotkan chain lube atau pelumas rantai yang kini marak beredar di pasaran. Saya tak akan menyebutkan merk-nya apa, sebab hampir semua merk memiliki kwalitas yang setara. So.. Silahkan tentukan pilihan anda sendiri.

Langkah selanjutnya adalah tinggal semprotkan chain lube pada rantai motor anda. Tak usah terlalu banyak, asal sudah bisa melumasi rantai dan sproket itu juga sudah cukup.

Tipsnya adalah semprotkan chain lube pada masing-masing mata rantai dari luar. Bukan di posisi dalam dekat sproket. Karena biang masalah berisiknya rantai biasanya timbul dari sambungan masing-masing mata rantai.

 

Semprotkan di bagian tersebut dengan rata. Tak usah terlalu banyak

So… Selamat mencoba trik mudah murah mengatasi suara berisik pada rantai sepeda motor. Dalam hal ini New Honda CB150R SF..  Hasilnya sudah saya buktikan sendiri.. Suara rantai motor jadi senyap. Gejala “crek-crek” yang semula timbul juga sekejap sirna… semoga berguna… (mmz)

===============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di modifikasi, serba-serbi, tips, umum dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s