Berikut Tips #Cari_Aman Berkendara di Musim Hujan. Awas Jangan Teledor

oleh


Tips-Aman-Berkendara-Motor-Saat-Hujan-1200x565.jpg
Berkendara sepeda motor di kondisi hujan perlu kewaspadaan lebih. tetap #Cari_Aman agar semua selamat

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Musim hujan telah tiba. Selain kondisi fisik dan kendaraan yang kudu anda persiapkan sebaik mungkin, tak lupa ada beberapa piranti yang juga musti anda gunakan tatkala riding di tengah guyuran hujan. Tak hanya jas hujan, sebaiknya anda menyiapkan hal-hal berikut ini untuk #Cari_Aman saat berkendara di musim hujan.

Ya, pertama sekali yang harus anda perhatikan adalah jas hujan. Sebaiknya pakailah jas hujan model jaket dan celana. Jas hujan model ini membuat anda lebih leluasa bergerak guna mengendalikan sepeda motor. Sekali lagi, jangan gunakan jas hujan model kelelawar. Apalagi bagi anda yang mengendarai motor bertransmisi manual. Memakai jas hujan kelelawar akan meningkatkan resiko mantel tersangkut di sproket/rantai.

Baca juga:

Kedua yang tak kalah harus diperhatikan adalah kondisi badan. Jangan memaksakan menerobos hujan di kala kondisi badan anda kurang fit. Oh ya, kembali ke masalah safety gear saat berkendara di  musim penghujan, usahakan untuk tetap mengenakan sepatu. Lebih diutamakan pakailah sepatu yang sudah waterproof / tahan air yang kini sudah banyak beredar di pasaran.

Perlengkapan-sebelum-Berkendara-saat-hujan-32aex3iiklogw5ggtxoah6.jpg
Pakailah jas hujan model jaket celana agar lebih aman

Melepas sepatu dengan alasan takut basah/kotor di kala hujan bukanlah sebuah tindakan bijaksana. Masa lebih sayang sepatu daripada kaki?  Berdasarkan pengalaman mmz pribadi, riding di kala hujan lebih berpotensi menimbulkan hal-hal berbahaya.  Mulai harus pintar-pintar mengatur pengereman, hingga harus bersiap di kala anda harus berhenti mendadak jika tetiba ada sesuatu hal terjadi di depan anda. Jika sudah  begini, tanpa sepatu semuanya bakal runyam bro sis.

Tips #Cari_Aman riding di kala hujan yang ketiga adalah pakai helm dengan visor bening. Jelas, ini akan membantu penglihatan anda lebih jelas. Berkendara sepeda motor di saat hujan dengan visor gelap akan membuat kemampuan visual anda terhadap jalanan menurun drastis. Monggo dicoba sendiri kalau nggak percaya. Biar lebih greget nyobanya di malam hari ya… :mrgreen:

AFP_TD70H
sekaliber pembalap MotoGP saja memakai visor bening saat race di kondisi hujan (Dovisiozo)

Tips yang keempat, jika anda harus melewati genangan air dengan posisi yang lumayan tinggi anda harus ekstra hati-hati. Pastikan tinggi air tak melebihi lubang mulut knalpot. dan lagi kondisi plastik penutup busi motor anda masih bagus dan kedap air. Selanjutnya jalankan motor anda dalam gigi rendah dan panteng rpm di angka agak tinggi. Ingat, jangan sekalipun mengurangi/menutup selongsong gas. Bisa berabe urusannya.

Jadi ketika anda memutuskan menerjang jalanan dengan kondisi air yang lumayan tinggi, usahakan motor anda bisa melaluinya tanpa harus mengurangi gas.

Tips #Cari-Aman berkendara yang kelima yaitu selalu aware dengan kondisi lalu lintas di sekitaran anda. Terutama jalan-jalan yang tergenang air cukup tinggi atau mengalir deras. Ingat, jangan paksakan motor anda. Sebab semakin tinggi genangan air, semakin mudah pula ban sepeda motor anda tergelincir akibat aquaplaning yang ditimbulkan genangan air tersebut.

Satu lagi, jangan ngebut masbro… Kurangi semua nafsu angkara berkendara anda ketika hujan melanda. Sebab dalam kondisi hujan selain jalanan licin, biasanya kondisi lalu lintas juga lebih semrawut. Anda kudu pintar-pintar mengatur dan memperkirakan kapan motor anda harus berhenti. Jarak pengereman di kondisi hujan harus dibuat lebih jauh dan jangan menarik tuas rem dengan brutal.

Jas-hujan-ponco
jas hujan model kelelawar/ponco sangat berbahaya dipakai riding saat hujan. Ditambah nyeker, lengkap sudah

So… itulah masbro dan mbaksis, beberapa tips #Cari_Aman berkendara di kondisi hujan yang bisa mmz share untuk jenengan semua. Kalau ada kurangnya silahkan ditambahkan di kolom komentar… Semoga berguna… (mmz)

===============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

One thought on “Berikut Tips #Cari_Aman Berkendara di Musim Hujan. Awas Jangan Teledor

Silahkan Berkomentar di bawah sini