Pengen Motor Sampean Awet? Gampang, Rawat Sebaik Mungkin Cak

banner

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Merawat sepeda motor kesayangan memang sudah menjadi suatu keharusan. Terutama bagi anda yang memang sayang motor dan ingin motor kesayangan selalu tampil kece, bersih, berfungsi secara optimal dan awet pastinya.

wp-image-1148854130

bikin optimal performa motor dengan perawatan dari hal-hal yang gampang

Banyak hal gampang yang sejatinya bisa kita lakukan untuk membuat tampialn dan kinerja motor selalu optimal. Gak susah kok masbro.. Yang penting anda telaten, meluangkan tenaga dan waktu, serta gak males. Begitu anda terkena penyakit males dalam merawat motor, ya siap-siap saja berbagai kendala muncul menghantui tunggangan anda.

Loh, motor saya selalu tak isi bensin kok mas? Selalu tak ganti oli kok mas? Tak servis juga kok? masa masih kurang nggonku merawat motorku mas? Ya kalau hanya seputar itu bahasannya sepertinya kesemua yang mmz sebutkan di atas itu adalah hal lumrah yang memang harus dilakukan seorang rider. Namun apakah hanya cukup begitu saja?

Baca juga:

Sepertinya tidak bro sis… Masih banyak cara lain yang bisa sampean tunjukkan sebagai bukti tresna kepada tunggangan yang telah mengantar anda wira-wiri nyari sebakul nasi…  Beberapa tindakan yang menurut mmz paling gampang dan bisa anda lakukan sendiri, baik oleh masbro atau mbaksis untuk menjaga kondisi motor agar tetap optimal adalah

1.Segera cuci motor setelah terkena hujan

Mencuci motor pasca terkena guyuran hujan adalah hal sepele namun sangat bermanfaat bagi motor tunggangan. Ya, air hujan yang terjadi akibat evaporasi air laut itu terkenal sangat korosif terhadap part pembangun motor. Tak hanya untuk sasis yang memang terbuat dari besi, namun terhadap plastik/cover pembentuk bodi motor pun juga kurang welcome terhadap air hujan.

Usahakan cuci sendiri motor anda agar lebih bisa menjangkau bagian-bagian dalam

Dengan sesegera mencuci motor setelah terkena air hujan paling tidak dapat cepat-cepat melunturkan zat-zat korosif sisa air hujan dan kotoran jalanan yang menempel ke motor anda. Dengan begitu, otomatis motor tetap bersih dan aman dari karat. Terutama motor-motor dengan sasis yang tereksplore di luar. Ambil contoh saja Honda CB150R series.

2. Jangan memberi beban berlebih kepada sepeda motor

Masing-masing sepeda motor mempunyai batasan kekuatan/toleransi yang bisa diterima dalam menahan berat. Walaupun mau (wong memang motor hanya bisa terdiam tanpa kata), jangan lantas memaksakan keegoan anda untuk membebani motor dengan beban yang over. Bawa 5 sak semen 50 kg sekaligus misalnya, dibuat boncengan 6 seperti aksi freestyler, atau malah diajak merasakan penderitaan pasca ditinggalkan mantan :mrgreen: Sumpah, itu pedih jenderal…. hehehe

3. Selalu periksa kondisi sepeda motor sebelum ditunggangi untuk beraktivitas

Pertama kali yang paling penting adalah cek kondisi tekanan angin ban. Jangan digladak kalau memang gembos. Kedua periksa lampu-lampu. Baik lampu utama, sein dan stop lamp. Kalau memang lampu utama mati jangan dipaksakan dinaiki, daripada tersemprit pak Polisi dan kebanyakan alibi. Apalagi nendang-nendang helm dan berkata tak senonoh kaya video kid jaman now yang sempat viral beberapa waktu kemarin.

Periksa kekencangan rantai. Kalau kering, lumasi baaang.. 😂

Selanjutnya cek kondisi rantai (bagi motor manual). Usahakan kekencangan rantai pas. Jangan kasih kendor.. Daripada lepas/loncat dari sproket saat digunakan. Jikalau hal ini terjadi dan mungkin terlalu berat buat cewek, bisa lah sampean serahkan langsung ke mas-mas bengkel atau minta tolong kepada saudara laki-laki anda. Bagi ibu-ibu sih otomatis minta tolong ke suami. Suaminya sendiri loh ya… Awas kalau nakal.. wkwkwk

Last.. itulah beberapa tips sederhana hasil olah pengalaman yang selama ini mmz terapkan ke motor-motor tunggangan saya. Dan hamdalah, dengan kiat-kiat gampang tersebut semua motor berada dalam kondisi normal, baik, sehat dan selalu siap diajak kapan dan kemana saja tangan pengen ngegasss..

So.. mudah kan masbro, mbaksis…merawat motor tunggangan itu mudah bukan? Intinya selalu periksa tunggangan sebelum berativitas, segera cuci motor setelah terkena air hujan dan satu lagi jangan lupa gunakan part atau aksesoris resmi pabrikan jikalau terjadi kerusakan pada motor anda. Mahal sedikit gak jadi masalah asal tunggangan selalu awet, terawat dan bekerja optimal sebagaimana tupoksi motor tersebut… wkwkwk.. jangan kasih kendor…!!! Semoga  berguna… (mmz)

===============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

 

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di serba-serbi, tips, umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Pengen Motor Sampean Awet? Gampang, Rawat Sebaik Mungkin Cak

  1. andhi_125 berkata:

    motore banyak pak, bagi 1 dong

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    nah, cuci sendiri lebih bersih…

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s