Mau Tahu kenapa All New Toyota Rush Pakai Mesin Avanza? Berikut Alasannya

oleh


all new toyota rush

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Banyak pihak yang pada akhirnya menanyakan mengapa New Toyota Rush lebih memilih mesin Avanza dengan kode 2NR-VE. Bukannya apa-apa, power dan torsi yang mengalami penurunan dibanding mesin Rush sebelumnya digadang-gadang menjadi ganjalan bagi penyuka power dan torsi. Terlebih lagi New Toyota Rush memiliki bobot yang lebih berat dibanding Rush sebelumnya. Jadi tentu PWR si SUV tak lagi berkonde ini akan lebih terpangkas.

Seperti yang sudah dirilis sebelumnya, New Toyota Rush memiliki power dan torsi maksimal di angka 102 HP dan 136 Nm. Ini tentu mengalami penurunan performa dibanding Rush generasi sebelumnya yang mampu hasilkan power sebesar 107 HP dengan torsi 141 Nm.

Baca juga:

Menyikapi hal ini,pihak Toyota Astra Motor (TAM) justru punya pandangan berbeda. Mereka mengatakan jika senjata sesungguhnya dari New Toyota Rush adalah sesuatu yang ada di balik bonetnya. Pihak TAM dalam hal ini  menyebutkan Toyota lebih memfokuskan pada efisiensi bahan bakar. Selain itu ada ubahan di gigi ratio yang diklaim juga mampu mengcover tenaga maupun torsi yang terpangkas.

“Tenaga sama torsinya sama dengan Avanza, cuma untuk model matic ada lock-up function di gigi 3 dan 4. Ratio gear masih sama dengan Rush lama, cuma untuk manual beda untuk gigi 1 dan gigi 5,” terang Product Knowledge TAM, Gandhi Ahimsa Putra, dilansir dari Dapurpacu (9/1).

“Jadi gigi 1 lebih rendah, gigi 5 lebih tinggi. Gigi 1 untuk angkatan awal, biar lebih terasa G (force)-nya. Gigi 5 untuk efisiensi karena lebih tinggi.”

“Contoh, gigi 5 kecepatan tinggi 100 km/jam RPM 3500 yang lama. Mungkin yang baru rpm-nya lebih rendah, bisa 2,500 seperti itu. Putaran mesin bisa lebih ringan di kecepatan 100 (km/jam).” Tambahnya.

Nah kan makin jelas masbro, dengan kecepatan yang sama, 100 kpj misalnya, namun dengan raungan mesin yang lebih rendah tentu mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tak hanya sampai di situ saja, kenyamanan penumpang sendiri tentu juga akan meningkat dikarenakan suara mesin yang halus.

Mesin 2NR-VE sendiri menggunakan teknologi VVT-i 1.5 L yang sudah digunakan Avanza maupun Xenia. Berbeda dengan mesin Rush lama. Walaupun sama-sama memakai mesin 1500cc, seperti yang sudah diterangkan di atas, Rush lama dengan kode mesin 3SZ-VE memiliki power dan torsi yang lebih besar.

So… sudah jelas kan cak, kenapa All New Toyota Rush pakai mesin Avanza? Yup, jawabannya adalah efisiensi bahan bakar. Karena makin ke sini sepertinya memang bahan bakarlah yang menjadi isu utama dalam perjalanan. Kesampingkan sedikit urusan power maupun torsi. Sebab dengan kondisi lalu lintas seperti sekarang, sepertinya jargon lama yang sempat hilang dari peredaran bakal ngetrend kembali. “GEK AREP NGEBUT NENGDI?” (Lantas, mau ngebut di mana? :red) :mrgreen: Semoga berguna… Oh ya, semoga diajak test drive juga… (mmz)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


=============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

6 thoughts on “Mau Tahu kenapa All New Toyota Rush Pakai Mesin Avanza? Berikut Alasannya

  1. Penjelasan teknis berputar2, padahal sebenarnya alasannya cuma buat ngirit biaya produksi. Yakin saya.

Silahkan Berkomentar di bawah sini