Rossi Akui Sudah Temukan Masalah pada M1. Mampukah Yamaha Mengatasinya?

Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha MotoGP mengakui jika akhirnya dia dan tim menemukan masalah yang membuat M1 nya tak mampu bekerja maksimal. Berbagai usaha sudah dia dan tim lakukan, termasuk harus gonta-ganti sasis, settingan, termasuk jumpalitan akibat latihan motocross hanya untuk menemukan feeling terbaik pada motor.

Valentino Rossi adalah pembalap pabrikan Yamaha yang paling getol mengomentari performa Yamaha M1 tunggangannya. Jelas, sejak berganti karet pembungkus velg, performa Yamaha M1 yang begitu kuat di tikungan seperti terkebiri.

Puncaknya di tahun 2017 silam, bahkan Vale harus jatuh bangun dan kehilangan kesempatan mendapatkan juara dunia akibat M1 miliknya seringkali kehabisan ban. Terutama adalah ban belakang yang mudah sekali terdegradasi.

Nah, jalani race pembuka musim 2018 ini Rossi seperti mendapat angin segar, terutama setelah jalani race perdana, Qatar.

Tampil kurang kompetitif di sesi kualifikasi (posisi 8), The Doctor dan kru coba mencari settingan baru, terutama elektronik, dan itu membuahkan hasil bagus. Di race Qatar Vale berhasil merebut podium tiga di belakang Dovisiozo sang juara dan Marquez di posisi dua.

Baca juga:

Nah, dari hasil inilah sepertinya Rossi paham. Masalah M1 selama ini adalah elektronik. Seperti yang pernah disinggungnya awal musim 2016 lalu, Rossi menyebut elektronik pada M1 seperti mengalami kemunduran.

Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan Ducati dan Honda yang sangat getol dan konsen pada piranti elektroniknya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, Rossi menyebut bahkan Ducati dan Honda telah mempekerjakan beberapa teknisi Marelli. Nah loh, berbeda dengan Yamaha yang masih konsen dengan orang-orang Iwata. Padahal sedari awal, M1 selalu memakai Magneti Marelli.

“Kami kini paham dengan masalah yang mendera M1. Masalahnya datang dari elektronik. Tak seperti Ducati dan Honda, mereka mengalokasikan banyak uang untuk elektronik,” tutur Rossi seperti dilansir dari La Gazzetta Dello Sport.

Lantas solusinya? Rossi berharap Yamaha mampu memberikan jawaban dengan memberikan setting terbaik pada elektronik.

“Itu tergantung Yamaha. Saya berharap Yamaha mampu bekerja cepat musim ini. Kami sedikit terlambat, tapi musim masih panjang, masih banyak waktu untuk mengejar,” tambah The Doctor.

Dari kiri, Rossi, Dovi dan Marc saat berbagi podium di MotoGP Qatar

Jika sampeyan amati Sam, masalah utama yang sering mendera M1 adalah gampangnya terdegradasi ban belakang. Termasuk pada M1 versi 2016 sekalipun. Dimana Zarco yang begitu kuat di awal balap seri Qatar harus menyudahi pertempuran akibat ban yang tak mampu lagi diajak bertarung.

Fakta ini sedikit berbeda dengan yang terjadi terhadap Rossi dan Vinales. Di akhir-akhir lap Rossi dan Vinales terlihat makin kuat. Bahkan Vinales yang terpisah jarak begitu jauh dengan rombongan pertama mampu menyusul dan merebut posisi enam. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di balap, motogp dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Rossi Akui Sudah Temukan Masalah pada M1. Mampukah Yamaha Mengatasinya?

  1. Hr15de berkata:

    Semoga saja. Biar tambah seru. Merah oranye biru di podium.

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s