Ninja ZX-25R untuk Kendaraan Dinas Satpol PP? Mau Ngejar Apa sih?

Diposting pada

Motomazine.com – Beberapa hari ini media otomotif nasional diramaikan dengan kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R. Bukan karena motor ini bakal kena facelift atau versi tak bersarungnya, namun lebih ke arah yang mencengangkan. Kenapa mmz bilang mencengangkan? Sebab terlihat dua sosok Ninja ZX-25R ini berkelir hijau, bukan Hijau KRT melainkan hijau Satpol PP. Yaps, Satpol PP DIY memboyong dua unit ZX-25R sebagai kendaraan dinas. Sek-sek, beli motor kencang-kencang buat apa sih Pak? Toh gak buat ngejar ngabers yang pakai knalpot brong juga kan?

Masalahnya bukan ini ternyata. Melainkan lebih ke pengawalan. Jadi mereka nih, Satpol Yogyakarta ngebeli si ZX-25R buat keperluan mengawal pejabat-pejabat tinggi yang datang ke sana.

Menurut Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad pengadaan kendaraan untuk pengawalan. sudah sesuai dengan Permendagri Nomor 17 tahun 2019. “Jadi nggak soal apa motornya mau kubikasi besar atau kecil. Itu masih dalam spek sesuai ketentuan Permendagri 19. Untuk melakukan pengawalan terhadap pejabat-pejabat penting,” serunya via Kumparan yang dinukil lek IWB.

Pertanyaaanya adalah kenapa ZX25R? Yang notabene ini adalah motor kencang, terkencang di kelasnya malah. Alasannya ya itu, karena memang dibutuhkan untuk mengawal Gubernur dibelakangnya. β€œPengawalannya di belakang. Kalau kita, mengawal Gubernur itu di belakang. mengawal pak Wagub di belakang. Jadi Speknya harus yang bisa mengimbangi kendaraan dari pejabat-pejabat itu,” tambahnya.

Pilihan yang jatuh ke ZX-25R ternyata sudah melalui beberapa seleksi. Menurut sumber yang sama, sebelumnya mereka telah melakukan survei ke beberapa diler. Sebut saja Honda dan mungkin juga Yamaha. Namun barangnya tidak ready. Yang siap dibawa pulang ya si ZX-25R ini. Motor sport fairing 250cc 4 silinder Kawasaki yang harga versi standarnya saja mencapai Rp 98 jutaan OTR Jakarta. Apa gak pemborosan nih Pak?

“Ketersediaan barang. Jadi ndak semua barang ada. Kami nyari yang lain Yang di bawah itu tapi di akhir tahun barang habis semua. Kebetulan yang tersedia ada itu. Kami sudah telusuri semua ada yang Honda CBR itu kosong semua. Ndak ada pemborosan. Itu kan seusai tugas pokok dan fungsi kita selama ini kami sudah melaksanakan pengawalan tapi hanya kendaraan pribadi. Kalau di lapangan kan kurang pas maka harusnya memakai motor dinas. Dan yang kita pakai tentu harus bisa mengimbangi kendaraan pimpinan,” tutup Pak Noviar.

Nah loh wes jelas kan om? So, kalau pengen nunggang ZX-25R tanpa repot-repot harus beli, ya silahkan saja mendaftar Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta. Barangkali sampean kebagian unitnya. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini