Bedah Fitur Canggih Yamaha XMAX untuk Media! Calon Pembeli Wajib Tahu

Diposting pada

Motomazine.com – Sejak diluncurkan dan didistribusikan kepada konsumen pada akhir tahun lalu, XMAX Connected sukses mencuri atensi para pecinta skutik premium di tanah air. Pasalnya, model tertinggi dari keluarga Maxi Yamaha itu hadir dengan berbagai sentuhan pembaruan, baik itu pada sisi desain, fitur teknologi, maupun pengoptimalisasian performa mesin dari generasi sebelumnya.

Banyaknya hal baru yang tersemat pada motor, lantas menimbulkan rasa penasaran yang tinggi dari konsumen maupun awak media untuk mengetahui lebih dalam informasi seputar produk, terutama setelah menjajal langsung performa berkendaranya. Karena selain dinilai lebih nyaman dan sangat mendukung kegiatan mobilitas jarak jauh, performa motor ini juga dianggap lebih responsif dan bertenaga. Menjawab rasa penasaran tersebut, Yamaha pun meresponnya dengan menggelar kegiatan Media Workshop Bedah Fitur dan Teknologi di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta pada Selasa (31/1).

“Menjawab rasa penasaran masyarakat terhadap berbagai sentuhan pembaruan yang hadir pada XMAX Connected, Yamaha pun menggelar kegiatan Media Workshop Bedah Fitur dan Teknologi yang dihadiri oleh para awak media nasional. Selain memberikan edukasi teknis, momen ini juga kami gunakan untuk menginformasikan beragam keunggulan yang dimiliki motor dalam mendukung kebutuhan mobilitas dan gaya hidup para pecinta skutik premium di Indonesia,” ungkap Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Lantas hal-hal baru apa saja yang terdapat pada XMAX Connected jika dibandingkan dengan generasi lawasnya, dan membuat performa berkendara skutik ini menjadi lebih optimal untuk kegiatan touring dan perjalanan jarak jauh. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Sistem Navigasi

Salah satu fitur unggulan baru yang dimiliki oleh XMAX Connected adalah sistem Navigasi. Memanfaatkan fungsi GPS yang terdapat pada Garmin Street Cross, pengguna motor dapat semakin dimudahkan ketika mengeksplorasi tempat-tempat baru selama perjalanan dengan bantuan digital maps yang muncul pada layar TFT Infotainment Display. Adapun cara untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Garmin Street Cross pada smartphone.
  2. Buat akun baru pada aplikasi tersebut.
  3. Hubungkan (pairing) aplikasi dengan motor menggunakan Bluetooth.
    1. Hidupkan Bluetooth pada smartphone
    2. Hidupkan Bluetooth pada motor dengan cara : Nyalakan kontak motor, pilih menu setting pada TFT Infotainment display, pilih Connection, pilih Bluetooth, dan pilih Discovery Mode.
    3. Lakukan pairing antara motor dengan smartphone.
  4. Setelah terhubung, download peta (maps) untuk wilayah Southern Asia pada aplikasi.
  5. TFT Infotainment

Selain fungsi navigasi, generasi terbaru XMAX juga dilengkapi dengan sistem TFT Infotainment Display berukuran 4.2-inch & Full LCD Speedometer 3.2-inch yang bersifat informatif serta atraktif. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengakses berbagai informasi dan hiburan melalui tombol pengaturan yang terletak di stang kemudi bagian kiri. Adapun fitur layanan yang terdapat pada TFT Infotainment Display adalah sebagai berikut.

  1. Informasi perkiraan cuaca.
  2. Informasi kondisi sepeda motor.
  3. Notifikasi telepon dan pesan dengan tampilan visual yang lebih lengkap berupa isi pesan itu sendiri dan juga nomor atau nama kontak yang melakukan panggilan masuk.
  4. Fungsi kontrol untuk memainkan musik favorit.

Meskipun telah dilengkapi dengan fitur TFT Infotainment yang menghibur, namun pengguna motor tetap harus mejaga konsentrasi selama berkendara dan menerapkan norma-norma serta peraturan berlalu lintas yang berlaku untuk menciptakan keselamatan dalam berkendara.

  1. Y – Connect

Kecanggihan XMAX Connected dalam memberikan informasi kepada penggunanya secara lebih praktis, turut direalisasikan melalui kehadiran fitur Y-Connect. Dengan fitur tersebut, pengendara dapat terhubung dengan sepeda motor untuk mendapatkan informasi seputar data berkendara dan juga kondisi motor secara real time yang meliputi poin-poin di bawah ini.

  1. Rekomendasi perawatan motor terkait kondisi oli dan aki (battery)
  2. Riwayat konsumsi bensin per hari sampai dengan per bulan
  3. Lokasi parkir motor terakhir saat masih terhubung dengan aplikasi Y-Connect
  4. Riding Log atau rincian informasi berkendara terkait jarak, rute, kecepatan maksimal dan kecepatan rata-rata, serta foto lokasi yang dilewati.
  5. Rank atau peringkat jarak tempuh dan eco point dengan sesama pengguna Connected model Yamaha.
  6. Desain Baru

Perubahan paling dominan yang terdapat pada generasi terbaru XMAX terletak pada sisi tampilan desain. Saat ini, skutik tersebut memiliki lampu depan berkarakter ‘X’ yang kini terlihat lebih ikonik, modern dan juga sporty. Dimensi pada motor juga turut berubah menjadi lebih kompak dengan ukuran 2.180 mm x 795 mm x 1.410 / 1.460 mm yang berkontribusi terhadap kelincahan dalam bermanuver.

Perubahan dimensi pada XMAX Connected sendiri berasal dari wind screen yang dibuat lebih rendah, yakni 5 mm guna meningkatkan performa aerodinamisnya. Selain itu, ukuran brake level dan handle bar juga dibuat menjadi lebih optimal. Tak hanya itu, desain jok baru pada XMAX Connected yang lebih ramping dan rendah turut berkontribusi dalam mempermudah pijakan kaki pengendara ke permukaan jalan.

  1. Sistem Pencahayaan Full LED

XMAX Connected kini tampil dengan desain lampu baru berteknologi sistem pencahayaan full LED, baik itu pada lampu depan, belakang, hazard, maupun lampu di dalam bagasi. Dengan adanya reflektor dan teknologi baru tersebut, pencahayaan pun mejadi semakin terang, lebih fokus dan tahan lama sehingga sangat mendukung untuk kebutuhan riding di malam hari.

  1. Mesin BLUE CORE 250cc

Pada sektor jantung pacu, XMAX Connected mengandalkan mesin BLUE CORE berkapasitas 250 cc yang dilengkapi dengan Liquid Cooled, SOHC, 4 Valves yang telah terbukti handal dan kuat dalam menghadapi berbagai kondisi jalan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 16,8kW / 7.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 24,3 Nm / 5.500 rpm sehingga menyajikan akselerasi yang lebih baik ketika berkendara. Peningkatan performa mesin juga turut dilakukan dengan perubahan setting-an pada Mapping ECU yang menjadi lebih optimal dan penambahan perangkat heater (pemanas) pada O2 sensor yang meningkatkan kinerja Air Fuel Ratio (AFR).

Saat ini XMAX Connected hadir dalam 4 pilihan warna, yaitu Dark Petrol, Luxury Red, Premium Black dan juga Prestige Grey. Skutik premium ini dipasarkan seharga Rp 66.000.000 OTR Jakarta. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini