Sabri Jajan lagi, Berikut Biaya Ganti Seal Suspensi Depan Honda CB150R

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Sabri minta jajan. Sesuai judul sam, kali ini mmz mau nge-share ke sampean semua biaya ganti seal suspensi depan untuk Honda CB150R. Yaps, setelah mengabdi kesekian tahunnya, akhirnya suspensi depan Sabri (sebutan untuk CB150R mmz) rembes juga. Awalnya saya gak ngeh, sebab sebelumnya gak ada gejala rembesan oli sama sekali.

Kejadiannya sekitar dua hari lalu. Tepatnya saat Sabri saya pacu sepulang kerja. Biasa lah hawa panas dari tempat gawe ditambah badan yang minta segera diistirahatkan barang sebentar membuat saya ingin cepat-cepat sampai rumah.

15 menit perjalanan ditempuh awalnya mmz gak merasakan keanehan. Tapi pas sudah sampai rumah, nytandarin dua, lah…! Saya terkejut banget sam. Secara undercowl penuh dengan tumpahan oli, dlewer bekas terkena angin. Pikiran travelling dong. Secara belum jelas itu oli asalnya dari mana.

Seketika langsung ambil senter untuk membantu mata mengamati bagian-bagian head cylinder sampai ke crankcase. Mencoba meraba-raba seal yang ada. Takut rembes atau gimana. Tak terlepas juga ujung header knalpot yang nempel ke head cyl, tak luput dari pengamatan.

Setelah sekian lama mengamati, hmm… Mesin utuh. Gak ada tuh seal bocor atau mesin pecah (amit-amit). Lega dong… Tapi tetep saja bertanya-tanya. Ini oli asalnya dari mana.

Seal Fork Depan CB150R Bocor

Akhirnya, biangkerok pun kelihatan. Ternyata tuh rembesan oli asalnya dari suspensi depan. Tepatnya shock depan sebelah kiri. Plong sih. Sebab kalau cuman benerin atau ganti seal doang sih gak akan seberapa habisnya.

Dan tanpa pikir panjang, Sabri pun langsung saya gelandang ke Ahass MPM Reyog. Kenapa ke sana? Ya karena kenal sama Pak Budi, kepala mekaniknya. Jadi lebih gampang dan nyambung saat harus berdiskusi mencari solusi atas apa yang telah terjadi. Halah…

Setelah menentukan waktu untuk naik paddock, Sabri pun langsung dioperasi. Sela kiri disiapkan sekaligus dua botol oli untuk mengganti oli shock nantinya.

Dengan tangan-tangan terampil mekanik AHASS Sabri pun beres dalam hitungan yang tak terlalu lama. Seal kiri sudah berganti dengan yang baru sekaligus olinya kiri dan kanan.

Untuk biaya yang harus dikeluarkan berikut mmz kasih rinciannya:

  • Harga seal satu buah Rp 34.000,-
  • Harga oli shock 2 botol Rp 56.000,-
  • Biaya bongkar pasang Rp 35.000,-
  • Total biaya : Rp 125.000,-

Sangat mudah dan murah lah pokoknya. Buat sampean yang kebetulan mengalami kendala serupa dengan mmz bolehlah percayakan pengerjaannya ke AHASS terdekat di kota sampean. Lebih nyus lagi kalau AHASSnya dealer Wing. Sebab di sana isinya mekanik-mekanik handal yang memang disiapkan untuk mampu menangani Moge sekalipun. Minimal CBR250RR lagh…

tampil kinclong lagi steelah seal baru dan oli tidak rembes

Buat yang penasaran kode part seal Honda CB150R adalah 51490KC5305. Semoga berguna (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.