Indikator Engine Check All New NMAX 155 Nyala Terus? Obatnya YDT Doang

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – All New Yamaha NMAX error? Motor baru tapi sudah bermasalah? Sek to… Jangan terlalu dini membuli. Lebih baik kita cari jaring permasalahannya pelan-pelan termasuk menemukan solusi terbaiknya agar masalah teratasi dan gak menimbulkan gibah lagi. Yaps, akhir-akhir ini tetiba ramai diperbincangkan masalah indikator engine check All New NMAX yang nyala terus saat kunci di-on-kan. Duh, bahaya gak ya?

Indikator Engine Check sendiri merupakan indikator penting bahwa mesin motor bekerja secara optimal. indikator/lampu berbentuk seperti kran bensin ini akan menyala sesaat setelah kunci kontak dihidupkan. Setelah pompa injeksi selesai mendengung maka indikator tersebut pun langsung mati dan mesin siap dinyalakan/distarter.

Lantas jika engine check tersebut gak mati bagaimana? Ya artinya ada masalah yang terjadi di motor. Utamanya sih kelistrikan. Bisa masalah pada ECU, injector, kiprok, sambungan yang kurang solid atau masalah lainnya. Intinya ada problem di mesin hingga lampu MIL (sebut saja begitu) menyala terus.

Baca juga :ย Mendeteksi Masalah Injeksi Motor Honda dengan Membaca MIL

Nah, jika sampeyan baru saja membeli All New NMAX tapi langsung menemukan kasus seperti ini, sudah…jangan bingung. Obatnya gampang banget kok. YDT doang? Hah, Yamaha Diagnostic Tools maksutnya? Yups, bener banget Om… Obatnya cuman itu…

Jika sampeyan mengalami masalah serupa, gak usah macak keminter…wkwkwk… Langsung saja bawa motornya ke beres Yamaha. Laporkan masalahnya sama mas mekanik, dan New NMAX sampeyan bakal segera diperiksa, didiagnostic dengan YDT dan kemudian dibetulkan.

Kalau dari info yang dishare Om Irwan Hanifย  yang dishare lek IWB sih masalahnya ada pada Sensor Crankshaft atau yang lazim disebut crankshaft positioning sensor.

Foto dari Om Ihsan Jumaris

Duh, motor baru saya bakal diadul-adul dong? Duh Om, tenaaaang… Letak crankshaft positioning sensor ini ada di atas magnet doang kok. Jadi mekanik tinggal buka cover crankcase saja, terus direset ulang pakai YDT. Sembuh, beres…

So, gak usah bingung. Masalah engine check indikator yang nyala terus ini ternyata obatnya gampang. Tinggal direset ulang saja di bengkel resmi Yamaha. Tapi yo gak semua All New NMAX 155 bermasalah seperti itu juga Om. NMAX lawas juga ada kok yang alami masalah serupa. indikator engine check nya nyala terus pasca kunci di-on-kan.

Baca juga :ย Telat Pajak 2 Tahun STNK Auto Hangus, Kendaraan Auto Bodong

Treatment nya sama. Tinggal reset ulang pakai YDT, dan done! Problem solved. Jadi tenang saja Om… Lagian motor baru juga… Masih digaransi sama pabriknya… (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

12 thoughts on “Indikator Engine Check All New NMAX 155 Nyala Terus? Obatnya YDT Doang

  1. Nmax aku punya dah 3X k bengkel dg kasus engine indcator nyala.
    Barusan smpe rmh, eh….nyala lagi.
    Gmn nih Yamaha….? Kl dah guni Jd repot lah…

  2. Ass..saya juga sama ngalamin….pertama lampu engine chek nyala trs…lgsung saya bawa ke bengkel resmi yamaha…langsung di reset ulang udah gk nyala lagi….selang berapa hari nyala lagi sama lampu spedo meternya kadang ngedip….kira2 bahaya gk yah….

    1. berdasarkan pengalaman saya bertanya kepada mekanik Yamaha, selama motor bisa nyala artinya tidak berbahaya. Namun alangkah lebih baiknya bawa ke beres untuk reset ulang agar bawaan nunggang motor kesayangan jadi lebih nyaman. Hal ini penting berhubungan sama kenyamanan Sam

  3. itu Udah di reset di bengkel yamaha….tp selang berapa hari nyala lagi….sama lampu spedometernya kadang kedip2…

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini