Selisih Rp 3 Jutaan mending Pilih PCX160 ABS atau CBS? Nih Bedanya

Diposting pada

Motomazine.com – PT. Astra Honda Motor (AHM) baru saja merilis jagoan terbarunya pada varian skutik premium kelas 150cc. Secara resmi AHM menghadirkan All New Honda PCX160 pada hari Jumat (5/2) kemarin. Motor yang akan menjadi suksesor PCX150 ini hadir dalam tiga versi antara lain CBS, ABS dan e: HEV (Hybrid). Nah kali ini kita akan coba membahas pilihan antara All New Honda PCX160 CBS dan ABS. Karena memang dua tipe inilah yang acapkali menjadi sasaran beli biker tanah air. Lantas, apa sih pembeda antara keduanya?

Perbedaan All New Honda PCX CBS dan All New Honda PCX ABS

Baik All New Honda PCX160 CBS dan ABS sama-sama mengusung mesin 4-tak Single Cylinder SOHC 4-valve dengan pendingin cairan. Kubikasi mesin yang punya volume bersih 156,4 cc berteknologi eSP+ ini sanggup muntahkan power maksimal hingga 11,8 kW/16 PS@8500 rpm dan torsi puncak pada angka 14,7 Nm@6500 rpm (release pabrikan).

Yang membedakan kemudian antara All New Honda PCX ABS dan All New Honda PCX CBS terdapat pada piranti pengereman dan traksi kontrol. Yaps, All New Honda PCX160 mengusung rem yang sudah dijejali teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) dan juga HSTC (Honda Selectable Torque Control) atau traksi kontrol. ABS dan HSTC adalah teknologi yang bekerja dengan saling ketertautan antara keduanya.

Sementara All New Honda PCX160 CBS hanya mengandalkan pengereman cakram konvensional tanpa adanya teknologi ABS. Hadirnya pengereman model CBS ini menjadi satu  acuan penting yang nyatanya juga mampu meminialisir ngesotnya ban belakang. Kalau gak percaya silahkan coba sendiri. Selain nihil ABS, All New Honda PCX160 CBS tentu juga tak mengusung fitur HSTC.

Selebihnya baik All New Honda PCX160 baik CBS dan ABS tak lagi dibedakan dengan pembeda yang sangat krusial. Keduanya hanya berbeda pada pernak-pernik saja. Kalau PCX160 CBS memakai emblem PCX warna krom, sedangkan si PCX160 ABS pakai emblem 3D warna tembaga atau emas. Itu saja…

Untuk kaki-kaki, lebar ban, suspensi, bagasi yang tembus 30 Liter, Tangki bahan bakar 8,1 liter, termasuk socket charger USB tipe C, semua sama. Keduanya sama-sama punya. Termasuk kunci smart key atau keyless. Dua-duanya pakai kunci pintar semua.

So, dengan perbedaan ini saya rasa sampean akan bisa menentukan kira-kira bakal jatuhkan pilihan ke PCX160 tipe yang mana. Kalau saya sih mending All New Honda PCX160 tipe ABS. Karena dengan selisih harga Rp 3 jutaan sampean akan mendapat teknologi pengereman canggih ABS dan HSTC yang tentu menjamin keamanan berkendara terutama pada kondisi jalanan licin.

FYI, All New Honda PCX160 ABS dijual seharga Rp 33.950.000,- sementara All New Honda PCX160 CBS dibanderol seharga Rp 30.350.000,- keduanya OTR Jakarta. Semoga berguna (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.