Intip Pajak 5 Tahunan New Honda CB150R, Terbaru!

Diposting pada

Motomazine.com – Buat sampean yang lagi nyari referensi pajak 5 tahunan New Honda CB150R, monggo silahkan pantengin artikel ini. Barusan kemarin, mmz ‘sowan’ ke kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) untuk mengurus pajak 5 tahunannya si Sabri. New Honda CB150R kesayangan lansiran 2017. Ada beberapa poin yang musti sampean perhatikan biar gak kecele saat ngurus perpanjangan STNK 5 tahunan CB150R milik sampean.

Tepatnya hari Sabtu (3/9) kemarin saya meluncur ke Samsat pusat. Kenapa gak ke Samsat pembantu? Ya karena Samsat pembantu cuman bisa ngurusin perpanjangan satu tahunan doang. Untuk ganti plat, sampean musti ke Samsat pusat.

Sekitar pukul 07.30 saya berangkat ke Samsat. Sampai di sana kurang lebih pukul 07.50. Gak jauh sih, cuman 18-an km saja. Sesampainya di sana saya langsung melipir ke belakang gedung membawa tunggangan ke tempat antrian. Khusus untuk pajak 5 tahunan, prosesi gesek nomor rangka dan nomor mesin dilakukan di parkiran belakang.

Awalnya kaget sih. Sepagi ini wajib pajak sudah berjubel. Padahal loket baru buka pukul 08.00 pagi.

Yawes langsung fotokopi BPKB, STNK dan KTP asli. Dikasih map warna kuning untuk kemudian diantrikan pada loket pengurusan cek fisik. Setelah menunggu 5 menitan akhirnya loket dibuka. Tumpukan map warna kuning yang berisikan BPKB asli plus fotokopi, STNK asli plus fotokopi dan fotokopi KTP dipanggil satu persatu. Mmz sendiri kebagian antrean nomor 19.

Setelah sampai giliran dipanggil, saya diberikan satu lembar blangko (lagi-lagi warna kuning agak krem) serta kertas stiker buat gesek noka dan nosin. Sesaat kemudian saya pun bergegas ke bapak-bapak yang bertugas melakukan penggesekan. Isik-isik dan noka-nosin pun langsung tercetak di kertas stiker. FYI, noka CB150R adanya di area segitiga depan, tepatnya di sasis tempat konis, sementara nosinnya ada di crankcase kiri dekat perseneling.

Habis digesek, blangko yang sudah ditempeli stiker hasil noka dan nosin kita setorkan lagi ke petugas untuk mendapatkan pengesahan. Saat itu juga map warna kuning yang berisikan item-item seperti yang tersebut di atas dikembalikan.

Selanjutnya motor kita bawa ke parkiran depan, dan langsung menuju loket 1 untuk menunggu panggilan kasir. Selang 15 menitan nama saya dipanggil kasir. Biaya yang harus saya keluarkan untuk membayar pajak 5 tahunan CB150R ini adalah Rp 496.500,-. Rinciannya saya sebutkan nanti di bawah.

Awal-awalan bentukan si Sabri

Setelah membayar, kita duduk lagi untuk menerima panggilan kertas STNK (baru) yang sudah terstempel. Setelah menerima panggilan penyerahan kertas STNK, kita musti duduk lagi untuk menunggu BPKB kita dikembalikan. Oh ya, catatan terbaru, STNK nya satu lembar doang bagian pengesahan. Yang lembar informasi pemilik terbitnya nanti bulan Desember.

Selesai nerima selembar STNK, alur berikutnya adalah menuju loket pencetakan TNKB atau plat. Kertas STNK kita antrikan untuk kemudian diambil petugas. Nah kita nunggu lagi tuh sampai Plat nopol kita jadi. Mayan lah nunggu catnya kering. Sekitar setengah jam.

Setelah plat nopol jadi dan mengering, nama kita akan dipanggil untuk menerima dua lembar plat nopol plus selembar kertas STNK. Plat nopolnya masih sama. Termasuk angka dan seri huruf belakang. Yang rubah cuman tahunnya saja (27). Warna plat juga masih sama, hitam. Dan selesailah kegiatan membayar pajak 5 tahunan New Honda CB150R.

Berikut mmz kasih rincian biaya pajak 5 tahunan New Honda CB150R (lansiran 2017):

  1. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) : Rp 301.500
  2. SWDKLLJ : Rp 35.000
  3. PNBP STNK : Rp 100.000
  4. PNBP TNKB : Rp 60.000

Tambahan :

  • Gesek : Rp 10.000
  • Fotokopi Berkas : Rp 5.000 (gratis plastik STNK)
  • parkir : Rp 2.000

Nah itu dia rinciannya. Kalau tunggangan sampean lebih muda tahunnya, tinggal nambah saja biaya PKB nya. Rincian lain masih tetap sama. Setidaknya sampean bawa uang Rp 700 ribu. Baru aman… Kecuali pulangnya andok Gule, Susu soda atau susu yang lainnya. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini