Tak hanya Lawan atau Kawan, Ban pun bisa Berkhianat

Diposting pada

Motomazine.com – Entah seperti apa campuraduknya perasaan pembalap PATA Yamaha Prometeon WSBK Toprak Razgatligolu. Tampil sangat mengensankan di race 2 WSBK seri Ceko tak lantas membuat pemuda Turki ini memboyong piala dan koleksi poin. Alih-alih melakukan selebrasi stoppie yang sangat menghibur, Toprak justru terhempas dari YZF-R1 tunggangannya akibat gagal ban. Yaps, tak hanya lawan atau kawan, ternyata ban juga bisa berkhianat!

Pertarungan epic sempat terjadi antara Toprak Razgatlioglu dan pembalap Aruba.it Ducati, Alvaro Bautista. Keduanya berjibaku saling adu skill menunjukkan siapa yang terbaik.

Bautista bermodalkan tubuh mungil dan power beringas Ducati V4R berkali-kali mengasapi Toprak di lintasan lurus. Berkali-kali juga Toprak menggeser Bautista ke posisi dua lewat pengereman yang sangat lambat. Kurang lebih ada 6 kali percobaan dari Bautista, di tempat yang sama, dengan cara yang sama, teknik yang sama. Namum begitu pula dengan Toprak, menyudahi perlawanan Alvaro dengan cara yang sama pula.

Hingga puncaknya saat balapan menyisakan 6 putaran tetiba Toprak alami high side dan terlempar dari motornya. Pasca jatuh terlihat gestur pembalap Turki tersebut, yang kebingungan, apa yang sudah terjadi. Artinya Toprak tak melakukan kesalahan.

Dan benar saja, setelah bingung mencari tahu, akhirnya via laman resmi WorldSBK, dilansir lah sebuah foto mencengangkan. Ban Pirelli Super Corsa milik Toprak terkelupas dari velg-nya. Ngeri, asli!

Beruntung pembalap bernomor 54 tersebut terlihat baik-baik saja dan tak alami luka serius. Untuk bannya, saat ini pihak Pirelli sudah mengambil sampel dan akan meneliti kasus tersebut. Jadi ingat kejadian Valentino Rossi di Silverstone 2017 silam. Cuma bedanya saat itu Rossi pakai Michelin dan nunggang YZR-M1. Akibat gagal finish jarak poin antara Alvaro dan Toprak kembali melebar menjadi 74 angka. (mmz)

Kondisi ban (belakang) YZF-R1 yang terkelupas. Foto: WorldSBK
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini