Marc Marquez Jalani Tes di Jerez.. Masih Konsen Meraba Ban Michelin

Diposting pada 87 views

PA1833365.0008.jpg

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Kemarin, tepatnya hari Rabu (25/11/2015) Marc Marquez telah menjalani sesi tes privat bersama tim Repsol Honda di sirkuit Jerez Spanyol. Tes tersebut difokuskan untuk menguji mesin baru dan perilaku ban Michelin terhadap motor RC213V versi 2016. Impresi pertama yang dirasakan Marquez adalah doi mengaku belum bisa mengukur limit ban Michelin. Dan cenderung masih merabanya.

Diakui pebalap berjuluk the baby alien ini, di sirkuit Jerez Michelin sedikit mengalami penurunan. Tak seperti di Valencia lalu, di Jerez ban belakang Michelin tak cukup mampu memberikan grip semaksimal di valencia. Pun begitu, juga masih sangat sulit mengetahui limit dari ban depan.

Hari ini semua begitu menarik. Kita mencoba banyak hal termasuk memakai ECU versi 2015 (ECU lama) untuk kita jadikan referensi sebelum akhirnya kita beralih ke ECU tunggal Magneti Marelli.

Kali ini ban terasa sedikit berbeda. Kurang lebih masih sama dengan di Valencia terutama pada titik pengereman. Di Valencia grip ban belakang sangat bagus. Namun entah mengapa hari ini sedikit agak menurun. Semuanya OK, tetapi kita perlu bekerja lebih dan terus memahami karakter ban depan.

Ungkap pebalap berusia 22 tahun tersebut.

Hari ini kita hanya menggunakan satu jenis kompon ban. Akan tetapi esok kita akan menggunakan ban dengan jenis kompon yang berbeda. Kita telah melakukan simulasi race untuk mengetahui ketahanan ban Michelin. Sayangnya, di pertengahan lap grip ban terasa menurun. Ini memang mirip seperti Bridgestone. Bedanya, jika kita memakai Bridgestone kita masih bisa melakukan 20 putaran dengan ban depan lama dikombinasikan ban belakang baru. Dan itu memang bekerja. Namun dengan Michelin, baik ban depan atau belakang sama-sama mengalami penurunan cengkraman.

Imbuhnya.

wpid-images-13.jpg.jpeg

Memang benar bro sis.. dari beberapa sesi tes ban Michelin yang dilaksanakan hampir semua pebalap mengeluhkan kinerja ban asal Perancis tersebut. Terutama pada bagian depan. Dimana pebalap sekaliber Valentino Rossi pun harus crash saat menjalani tes di sirkuit Mugello bulan Juni yang lalu.

Ke depan tentu saja ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Michelin. Namun dengan simber daya dan sumber dana yang ada tentu Michelin akan mampu menyediakan ban yang layak dan mampu menjamin keselamatan semua pebalap MotoGP.

Berdasarkan tes yang digelar di Jerez kemarin dilaporkan Marquez masih lebih lambat 0,2 detik dari Pedrosa. Tak ada laporan waktu resmi yang dirilis memang. Namun berkaca pada komentar Marquez yang masih terus meraba limit ban Michelin lumrah saja jika Marquez belum secepat Pedrosa (MMZ/red).

Related Posts:

16 thoughts on “Marc Marquez Jalani Tes di Jerez.. Masih Konsen Meraba Ban Michelin

Silahkan Komentarnya Kangbro