Kawasaki Mau Kembali ke MotoGP, Asal….

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Tak seperti KTM yang mantap menurunkan RC16 di kancah MotoGP mulai tahun 2017 nanti, rupanya tim hijau asal Jepang Kawasaki masih belum yakin untuk ikut berkiprah di gelaran balap motor terakbar sedunia ini.


Kawasaki mau dan akan kembali menurunkan motornya di MotoGP asal peraturan yang dibuat oleh Dorna diperlonggar. Artinya tak seketat sekarang ini. Dahulu sebelum memutuskan untuk mundur dari dunia MotoGP sebenarnya tim Kawasaki merupakan sebuah tim yang cukup disegani, khususnya saat wet race atau balapan berlangsung saat kondisi hujan.
Namun sayang, mulai tahun 2009 Kawasaki memutuskan angkat kaki dari dunia MotoGP. Disebut-sebut isu krisis global yang melanda beberapa negara di dunia saat itu yang menjadi penyebabnya.
Ichiro Yoda, bos besar tim WSBK Kawasaki memandang jika saat inipun MotoGP masih dipenuhi aroma politik. Tak hanya melulu soal rule yang memang sangat ketat dan memberatkan pabrikan. Mulai tahun depan semua pabrikan dalam tim MotoGP hanya diperbolehkan menggunakan 7 musim saja dalam semusim. Tak hanya itu, pembatasan bahan bakar menjadi 22 liter dan batas bobot kendaraan 157 kg saja rupanya cukup memberatkan jika Kawasaki ingin benar-benar kembali ke MotoGP.

image

^aksi John Hopkins di atas Kawasaki ZX-RR

Jika kami kembali ke MotoGP maka beberapa aturan harus berubah. Saat ini peraturan MotoGP sangat ketat. Contohnya kami tak boleh berkompetisi dengan motor produksi massal.

Ujar Yoda seperti dikutip Motorsport.
Memang mulai tahun 2011 kemarin Dorna mengizinkan beberapa tim (CRT) untuk berkompetisi menggunakan motor produksi massal. Namun kesenjangan yang teramat sangat dengan motor-motor prototype akhirnya secara otomatis menggeser tim-tim CRT ini hingga akhirnya berganti menjadi tim Open di musim ini.
Tak hanya masalah motor prototype yang memang bernilai fantastis, teknologi seamless gearbox systems yang diaplikasikan beberapa tim besar saat ini (Ducati, Honda, Yamaha) serta sebentar lagi Suzuki dan Aprilia rupanya juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi tim hijau. Tak dipungkiri lagi, dengan gearbox yang diadaptasi dari teknologi balap F1 ini memang sangat membantu pebalap MotoGP. Motor jadi lebih smooth dengan jeda akselerasi yang hanya sekitar 0, sekian detik saja menjadikan pebalap jadi lebih pede menggeber motor habis-habisan.

image

So, dengan beberapa alasan itulah Kawasaki urung dan belum mau kembali membalap di MotoGP. Besarnya dana yang dibutuhkan serta aturan super ketat dari Dorna selaku pihak penyelenggara rupanya membuat mereka belum Pede come back dan bertarung dengan tim-tim besar lainnya. padahal tak bisa dipungkiri jika ajang MotoGP juga memiliki sumbangsih besar bagi penjualan motor-motor produksi massal. Terutama di Indonesia. Istilahnya, “winning the race today, sell tomorrow” (MMz/red)
Related Posts:

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di motogp dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Kawasaki Mau Kembali ke MotoGP, Asal….

  1. jbat berkata:

    krik krik krik…

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s