MotoGP: Beirer: MotoGP Ulangi Kesalahan F1 10 Tahun silam

Diposting pada

Motomazine.com – Pentolan KTM Pit Beirer ikut ambil suara perihal jalannya MotoGP dewasa ini. Doi menyebut jika MotoGP saat ini ulangi kesalahan yang F1 perbuat 10 tahun silam. Yaps, saat F1 mulai kehilangan penggemar dan akhirnya bersusah payah mencari alternatif solusi hingga akhirnya kembali menemukan pecintanya. Hal ini Beirer sampaikan sebagai salah satu penerus ungkapan Casey Stoner saat menghadiri event Goodw0od for the Festival of Speed pekan kemarin.

“Saya akan mengganti formatnya. Semua omong kosong itu harus hilang: tak ada winglet, tak ada ride height device, tak ada kontrol anti wheelie, dan meminimalkan traksi kontrol. Biaya harus dikurangi dan peraturan kembali ke 10 tahun silam, jadi pabrikan yang kurang bisa melawan,” tutur Stoner seperti dilansir dari GPOne.

Mengiyakan yang dikatakan Stoner, Pit Beirer melalui DAZN Spain menambahkan, “Saya tidak paham mengapa olahraga kami melakukan kesalahan seperti yang F1 lakukan 10 tahun lalu. Saya tak mau mengkomplain bahwa sayap buruk untuk kejuaraan. Kita hanya harus fokus bekerja pada area ini dan kami sedang mengerjakannya. Ini adalah fenomena yang akan tetap terjadi untuk waktu yang lama, karena kita sudah menginvestasikan banyak sekali uang termasuk kehilangan entusias penonton. Dari percakapanku dengan Massimo Rivola, dia juga konsen dengan gejala ini, dia juga melihat masalah yang sama dengan KTM, bahkan dengan Aprilia yang punya paket aero sangat lengkap.”

Yaps, menarik memang menyimak perkembangan paket aero ini untuk ke depannya. Rencananya Dorna akan merevisi aero pada tahun 2027 mendatang. Apakah akan direvisi bentuknya, atau ada solusi alternatif lainnya. Yang pasti MotoGP sekarang ini membuat naluri alami pembalap dalam merasakan gas dan rem sangat tergantung piranti elektronik. So, kita nantikan saja.

Yang pasti mulai GP Silverstone nanti akan ada revisi format, dimana P1 tak lagi dijadikan patokan lolos ke Q2. Sesi warm up juga akan diadakan pada hari Minggu pagi sebelum balapan, dengan durasi 10 menit. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini