Valentino Rossi Finish Kedua MotoGP Brno, Marquez Ketiga dan Angkat Topi untuk Crutchlow sang Juara

Diposting pada

image
Crutchlow juara MotoGP Brno 2016

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Seperti biasanya, gelaran balap MotoGP yang berlangsung dalam keadaan basah pasti penuh dengan drama. Tak pelak dengan MotoGP seri kesepuluh di Brno, Republik Ceko ini. Hujan yang mengguyur lintasan semenjak kelas Moto3 dihelat nyatanya tak kunjung reda hingga kelas MotoGP dimulai.

Tim-tim di dalam paddock mulai terlihat sibuk mempersiapkan motor kedua. Karena pada umumnya trek akan semakin mengering jelang balap berakhir. Dan bendera hijau pun berkibar. Seiring dengan padamnya lampu semua pebalap berlomba membuka gas sedalam-dalamnya guna memperebutkan posisi terdepan jelang tikungan pertama sirkuit Brno.

Marquez yang memang memimpin start balap seakan tak terbendung, diikuti dengan duo Ducati lewat Dovisiozo dan Iannone. Sementara Valentino Rossi yang start dari posisi enam justru semakin memburuk dan sempat tercecer ke posisi 12. Setali tiga uang, Jorge Lorenzo rekan setim Rossi pun mengalami hal yang sama. Lap demi lap pebalap berjuluk Porfuera ini semakin memburuk dan jauh mundur ke belakang hingga mencapai posisi lima belas. Usut punya usut ternyata duo Yamaha sepakat menggunakan ban tipe basah berkompon soft di depan dan kompon hard di belakang. Itulah sebab musabab kenapa mereka terus kehilangan posisi seiring dengan spin berlebih di roda belakang akibat ban berkompon keras ini.
image
Rossi sesaat sebelum race MotoGP dilangsungkan

Berkebalikan dengan duo Yamaha, Marquez, Iannone dan Dovisiozo yang berada di posisi tiga terdepan justru semakin menjadi dan berka-li-kali mencatatkan fastest lap. Bahkan pebalap sekelas Scott Redding dan Danilo Petrucci (Ducati) pun seakan tak ingin melewatkan pesta di barisan terdepan. Bahkan kedua pebalap satelit Ducati ini berhasil menggeser Marquez ke posisi lima setelah sebelumnya dilibas oleh Iannone dan Dovisiozo untuk memperebutkan posisi satu dua. Mereka berlima menggunakan pilihan ban basah berkompon keras soft di depan dan soft di belakang.
Seiring dengan semakin berkurangnya intensitas hujan diiringi semakin mengeringnya permukaan aspal lintasan, pebalap satelit LCR Honda justru semakin menggila. Pebalap Inggris yang menggunakan ban berkompon dobel keras ini semakin tak terbendung, merangsek maju mengancam dan melibas pebalap-pebalap di depannya. Padahal sebelumnya Cruthlow terlempar hingga posisi lima belas.
Setali tiga uang dengan Crutchlow, Rossi yang semakin ke sini semakin merasakan membaiknya grip ban belakang basah tipe hard di Yamaha M1 nya pun semakin memanas saja. Berkali-kali Rossi berhasil membukukan waktu hingga 1,5 detik dibanding pebalap-pebalap terdepan yang sedang membalap dengan ban lunak.
Terus merangsek maju bersama Cruthlow akhirnya Rossi berhasil menuntaskan balap di posisi kedua, kalah satu peringkat di belakang Crutchlow yang semakin lama terlihat tambah menggila saja. Bahkan para kru tim LCR berulang kali harus mengingatkan Cal untuk slow down. But that doesn’t work. Seiring semakin mengeringnya permukaan aspal Crutchlow yang pada akhirnya berhasil memimpin balap justru menambah gapnya dengan Rossi yang juga telah nangkring di posisi dua.
image
Hasil lengkap MotoGP Brno 2016

image
Hasil lengkap motogp brno 2016

So.. Pada akhir balapan Crutchlow sukses menjadi pebalap pertama yang melintasi garis finish MotoGP Brno, disusul Rossi dan Marquez yang di akhir-akhir perlombaan juga berhasil menuntaskan perlawanan Iannone, Barbera dan Loris Baz..
image
Rossi beri ucapan selamat pada Crutchlow, Brno 2016

Selamat Ca Crutchlow.. Angkat topi lah buat sampean sore ini. No doubt, it’s your day Cal… (MMz)
==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com

12 thoughts on “Valentino Rossi Finish Kedua MotoGP Brno, Marquez Ketiga dan Angkat Topi untuk Crutchlow sang Juara

Tinggalkan Komentar di sini