Tes Konsumsi BBM Riding Harian Honda Supra GTR150. Kok Irit ya..?

image

Supra GTR150

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Berkesempatan menjajal jagoan bebek super terbaru dari Honda, Supra GTR150 rasanya kurang afdol jika tak mencoba untuk mengetes konsumsi BBM nya. Dan benar saja, pada hari Sabtu (20/8) kemarin MMz telah melakukan uji keiritan dari Supra GTR150 ini.
Pagi hari saat berangkat kerja MMz mengisi full tangki Supra GTR150 ini dengan bahan bakar berjenis Pertamax (Ron 92) hingga sedikit meluber ke bibir tangki. Hal ini sengaja MMz lakukan agar saya sendiri dan anda semua pembaca setia benar-benar yakin jika BBM yang dimasukkan memang full, penuh dan tak ada ruang tersisa lagi. Saat itu odometer menunjuk angka 485 km.

image

Saat pengisian pertama

image

Ketinggian bbm di bibir tangki Supra GTR150

Oke, keluar dari SPBU MMz langsung berangkat ke tempat kerja. Dengan model riding harian (cenderung tidak full throttle), mengingat ramai dan ruwetnya lalu lintas di pagi itu. Praktis penggunaan gigi persneling pun hanya sampai di gigi 5 saja..


Sepulang kerja karena benar-benar penasaran MMz langsung kembali melipir ke SPBU yang sama dimana MMz mengisi penuh bbm tadi. Kembali isi full dengan Pertamax (Ron 92) hingga meluber ke bibir tangki (sama seperti pengisian saat berangkat kerja), total bbm yang masuk ke tangki si GTR adalah 0,68 liter dengan harga Rp.5.066,- . Sedangkan odometer saat itu menunjukkan angka 519 km.

image

Posisi odometer saat pengisian full kedua

image

Ketinggian bbm di bibir tangki Supra GTR150

Nah.. Dari sinilah baru kita bisa menentukan konsumsi bbm Supra GTR150 ini dengan formula (odometer2 – odometer1) : volume top up bbm. Dan dari formula tersebut diperoleh hasil (519-485):0,68 = 34 : 0,68 = 50.

image

Struk saat melakukan pengisian bbm full kedua

Lah… Kok irit ya.. MMz pun sempat tercengang dengan hasil ini.. Sebab perkiraan MMz konsumsi BBM si Supra GTR150 hanya berada di angka 40-an km/liter saja. Ternyata setelah dilakukan uji konsumsi BBM dengan metode full to full malah didapat hasil seperti ini. Dengan satu liter BBM jenis Pertamax (Ron 92) Honda Supra GTR150 sanggup menempuh jarak hingga 50 km (normal riding). Hmmm…What a nice…! Untuk ukuran mesin kubikasi 150cc tentu ini menjadi sebuah catatan tersendiri.. (MMz)
==============
Punya pertanyaan atau ingin berbagi informasi? Kirim saja ke:
• motomazineblog@gmail.com

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di bbm, serba-serbi, umum dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

34 Balasan ke Tes Konsumsi BBM Riding Harian Honda Supra GTR150. Kok Irit ya..?

  1. Supono Wahyudi berkata:

    wha ini
    supri gtr irit 😀

    Disukai oleh 1 orang

  2. andhi2010 berkata:

    masih baru.
    Dan tergantung style saja

    Suka

  3. Must_bye berkata:

    Punyaku rata2 bisa 52-55 kpl om , normal riding gt lah , gear shift di kisaran 5-6rb rpm, metode full to full. Isi fulltank trus pake sampe 1bar kedip2 , isi fulltank lagi. Tenaga emg nampol tenan , pas buat nyalip2 lah

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s