MotoGP Qatar 2017 tetap Berlangsung Meski Lintasan diguyur Hujan?


Losail-Day-3-Qatar-Test.jpg

Kondisi sirkuit Qatar kala diguyur hujan

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Jelang balap MotoGP seri perdana yang akan digelar di sirkuit Qatar akhir Maret mendatang, Race Director mengumumkan hal baru mengenai kelanjutan balap di malam hari tersebut.

Beberapa tahun belakangan balap MotoGP di Qatar selalu ditunda akibat hujan yang turun mengguyur lintasan. Hal ini dilakukan guna menjamin keselamatan pembalap itu sendiri. Pantulan cahaya lampu pada air yang membasahi lintasan dikhawatirkan membuat pembalap tak mampu memperhatikan jalurnya. Belum lagi akibat cipratan air dari motor pembalap di depannya. Atas dasar inilah, pihak RD selalu menunda balapan apabila Qatar tetiba diguyur hujan. Bahkan delay paling parah terjadi di musim 2009 lalu, dimana balapan baru dilangsungkan di keesokan harinya (Senin).

qatar-rain-2009

James Toseland menikmati hujan (2009)

Namun di tahun 2017 ini pihak penyelenggara MotoGP memberlakukan aturan baru. Yakni balapan akan tetap digelar meskipun dalam kondisi hujan. Loh, bukannya berbahaya..??? Tunggu dulu.. menelurkan sebuah aturan tentu tak begitu saja diambil oleh pihak Race Director dengan sembrono. beberapa waktu lalu mereka telah melakukan pengetesan bareng Franco Urini dan Loris Capirossi. Keduanya berkendara di sirkuit Qatar dalam kondisi hujan bermandikan cahaya lampu. Dan hasilnya? Yes, it’s quite save. Artinya, balapan dalam kondisi hujan di sirkuit Qatar dinyatakan aman.

Atas dasar inilah akhirnya IRTA menyatakan bahwa race MotoGP Qatar akan tetap berlangsung meskipun sirkuit diguyur hujan. Untuk mendukung hal tersebut IRTA juga telah memerintahkan Michelin untuk membawa ban bertipe wet  ke Doha.

So.. Mulai tahun 2017 ini anda tak perlu lagi bengong di depan televisi nungguin pembalap jagoan anda beraksi masbro. Sebab memang terkesan aneh. Saat balapan perdana baik anda maupun pembalapnya sendiri harus terus menunggu gegara sirkuit bisa dijadikan tempat berenang para kecebong :mrgreen: Btw, sampean tahu nggak kenapa balapan di Qatar akhirnya berlangsung di malam hari? (MMz)


===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • motomazineblog@gmail.com
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di motogp, Tak Berkategori dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke MotoGP Qatar 2017 tetap Berlangsung Meski Lintasan diguyur Hujan?

  1. Budi Santoso berkata:

    hujan tetep balapan berarti. ini khusus untuk sirkuit qatar atau berlaku juga buat sirkuit yang lain

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s