Setelah Sentul dan Palembang kini Nama Lombok Mencuat sebagai Tuan Rumah MotoGP di Indonesia

Ilustrasi sirkuit MotoGP di Indonesia

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Pasca gonjang ganjing perihal digelarnya MotoGP di Indonesia yang sempat memunculkan berbagai sirkuit sebagai alernatif tempat dilangsungkannya balap sepeda motor terakbar sedunia ini, baru-baru ini kembali khalayak Indonesia diramaikan dengan mencuatnya Lombok sebagai satu alternatif baru dimana akan dibangun juga sirkuit MotoGP di tanah yang sangat terkenal keindahan alamnya ini.

Seperti kita ketahui bro sis… Rentetan upaya dihadirkannya Rossi dkk. untuk mengaspal di Indonesia tidaklah mudah dan singkat. Pasca menggantungnya status sirkuit Sentul, harapan sempat tercipta manakala Menpora, Bpk. Imam Nahrowi melakukan kunjungan dan membicarakan kerjasama pembangunan sirkuit baru pengganti Sentul bersama Carmelo Ezpelata, CEO Dorna secara langsung. Yup, Jakabaring dipilih menjadi tempat untuk menggelar MotoGP di Indonesia, bahkan lebih serius, diupayakan pada tahun 2018 para joki penunggang kuda besi versi prototype tersebut sudah bisa berlaga di Indonesia.

Namun apa boleh dikata bro sis, pasca pertemuan tersebut, yang bahkan layout sirkuitnya pun sudah digambar oleh perancang sirkuit kenamaan asal Jerman, Hermann Tilke, hingga saat ini semuanya seperti mandeg, tak ada kelanjutan pasti mengenai proses megaproyek tersebut. Kabar terbaru justru menyebutkan jika saat ini pemerintah tengah memusatkan perhatian ke Mandalika, Lombok untuk dijadikan alternatif pembangunan sirkuit MotoGP.

Layout sirkuit Jakabaring Indonesia

Kabar mengenai akan dibangunnya sirkuit MotoGP di Lombok ini bisa dibilang telah memasuki tahap serius bro sis… Pasalnya dilansir dari Kompas, investor asal Perancis (France’s Vinci Construction) telah menanamkan invetasinya sebesar US $ 500 juta (6 Triliun Rupiah) untuk membangun tempat wisata seluas 120 hektar termasuk sirkuit MotoGP di dalamnya.

Perjanjian tersebut juga telah ditandatangani oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Presiden Joko Widodo saat kunjungan negara ke Perancis beberapa waktu lalu.

Ditanyai lebih jauh perihal pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika Lombok,  Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto menjelaskan jika sejauh ini memang belum ada surat rekomendasi permohonan Pembangunan Sirkuit yang dilayangkan oleh ITDC kepada Kemenpora. Namun kesemuanya itu masih akan dibahas lebih lanjut antara keduanya (ITDC dan Kemenpora) pada pertemuan yang akan digelar sore ini, Selasa (4/4/2017).

Masih menurut Gatot, hingga saat ini baru MNC Group yang telah mengajukan rekomendasi pembangunan sirkuit di Palembang. Namun lagi-lagi, pasca pengajuan rekom tersebut tak ada lagi tindakan lanjutan yang dilakukan guna menunjukkan niatan serius mereka untuk segera membangun sirkuit bertaraf internasional Jakabaring. Hingga akhirnya mencuatlah nama Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat yang akan dijadikan alternatif lanjutan pembangunan sirkuit MotoGP di Indonesia.

Kalau kita runtut secara geografis, letak Lombok memang paling strategis dibanding daerah-daerah lain di Indonesia. Hal ini tak lain karena dekatnya Lombok dengan Australia, dimana para pebalap MotoGP selalu bertandang ke Negeri Kanguru tersebut tiap bulan November datang. Jika diurutkan, dari Jepang, Malaysia, Indonesia kemudian Australia, membuat mobilisasi para pebalap dan tim semakin mudah. Terlebih penghematan biaya yang dapat dilakukan karena jarak yang berdekatan.

Hallo Indonesia… kapan saya bisa berlaga di sana?

Last… Rencana investasi dana sebesar Rp 6 Triliun tersebut dianggarkan untuk membangun 7 buah hotel di Bali dan Lombok, termasuk juga sirkuit MotoGP di Mandalika. Lebih jauh pembangunan tersebut ditargetkan bakal rampung 2 tahun, yakni pada tahun 2019 mendatang. So… Sebagai warga Indonesia dan pecinta MotoGP marilah kita berdoa agar ke depan rencana pembangunan sirkuit MotoGP di Indonesia ini benar-benar terealisasi. Hingga keinginan kita bersua para pebalap top dunia tersebut mampu terkabul di Negeri sendiri… Btw, kalau beneran diadakan di Indonesia, siapa sih pebalap MotoGP yang paling ingin bro sis temui…??? (MMz)

Baca Juga:

===============

Punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman? Tulis saja di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di balap, motogp dan tag , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Setelah Sentul dan Palembang kini Nama Lombok Mencuat sebagai Tuan Rumah MotoGP di Indonesia

  1. andhi_125 berkata:

    hemmss. lombok mencuat? ingat sesuatu nih saia…

    Suka

  2. Mase berkata:

    pindah meneh…

    Suka

  3. archer berkata:

    udah tak berharap selama pemimpinnya,pemimpin dari negeri dagelan

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s