Inilah Alasan Kenapa tidak ada Plat Nomor Depan Sepeda Motor di Luar Negeri

oleh


japan-cancels-2011-tokyo-motorcycle-show-33000_1.jpg
Motor di luar negeri sudah menanggalkan plat nopol di depan

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Sepeda motor di luar negeri memang tak memakai plat nomor di bagian depan. Tak hanya satu atau dua negara, bahkan hampir semua negara di dunia sudah meniadakan plat nomor depan untuk sepeda motor.

Berbeda dengan Indonesia yang kekeh memasang plat nomor depan, beberapa negara di luar sana ternyata memiliki alasan tersendiri mengapa tak  mengeluarkan aturan pemasangan plat motor depan sepeda motor.

Baca juga:

Alasannya simpel. Safety.. Ya, alasan safety atau keamanan lah yang mendasari peraturan tersebut. Plat nomor depan pada sepeda motor dikhawatirkan rawan lepas ketika motor sedang melaju. Lepasnya plat dengan shape tajam ini dikhawatirkan dapat menciderai entah itu rider yang bersangkutan maupun pengendara lain.

Belajar pada hal ini tentu kita juga akan ditarik pada sebuah keputusan yang diambil Dorna, selaku penyelenggara MotoGP mengapa mereka melarang penggunaan winglet dan diganti dengan aero fairing seperti sekarang ini.

Alasan safety lah yang mendasarinya. So… Indonesia memang tergolong negara kedua setelah India yang mewajibkan sepeda motor memasang plat nopol depan setelah  India. Cuman bedanya jika di India plat nopol depannya berukuran kecil. Tak seperti di negara kita yang tergolong cukup besar.

yamaha-yzf-r15-india
Sepeda motor di India memakai plat nopol kecil di depan

Last… karena sudah menjadi undang-undang resmi lalu lintas di Indonesia, sebaiknya ganti kita yang harus pandai-pandai menjaga agar plat nopol depan kita tak lepas dan terbang ke udara. Oh ya, untuk mobil, walaupun di  negara luar polisi masih mewajibkan penggunaan plat nopol depan. Alasannya karena driver berada di dalam kabin mobil yang tentu saja terlindungi..

So… sudah jelas kan masbro sekarang kenapa sepeda motor di luar negeri tidak memakai plat nopol depan? Good bye plat nopol di jidat… *eh.. Semoga berguna… (mmz)

===============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

Silahkan Berkomentar di bawah sini