Cek Secara Berkala Kekencangan Rantai Motor Anda, Awas Ngeloss…!!!

oleh

banner

Cek rantai penting apalagi untuk motor yang memiliki kinerja berat

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis.. Mengecek kendaraan, dalam hal ini sepeda motor adalah hal penting yang harus rutin anda lakukan agar performa motor tetap terjaga, yang muaranya menjadikan perjalanan jadi lebih aman dan nyaman.

Bicara soal mengecek kondisi kendaraan sepeda motor, kali ini mmz akan fokuskan pada pengecekan rantai. Ya, piranti penyalur tenaga dari crank shaft ke roda belakang motor ini sering menjadi part yang acapkali terabaikan. Tahu-tahu saat performa motor jadi memble, atau bahkan lebih apesnya rantai losss, lepas dari sproket.
Baca juga:

Nah, guna mencegah hal tersebut sebaiknya anda mengecek kekencangan rantai motor secara berkala bro sis. Apalagi untuk motor-motor sport yang biasanya memiliki dimensi roda belakang yang lebih lebar. Sudah barang tentu kinerja rantai juga makin berat.
Karena dalam hal ini mmz sendiri juga menjadi salah satu pengguna motor sport, maka wajib kiranya untuk selalu mengecek kekencangan rantai. Ya, semiggu sekali saat hendak berangkat kerja, atau terutama hendak ngegass tipis-tipis, selalu ane sempatkan checking kekencangan rantai si SABRI, New Honda CB150R mmz.
Cek selalu kekencangan rantai sepeda motor anda

Caranya gampang, cukup periksa kekencangan rantai dengan menekan rantai bagian bawah (arm) ke arah swingarm. Dari sana akan terlihat apakah rantai kendor atau tidak. Jika dirasa rantai sudah kendor segera setel ulang baut as roda belakang dengan menariknya ke arah belakang agar rantai kembali kencang. Ingat, jangan setelan rantai jangan terlalu kencang, sebab bisa membuat gerakan rantai terbatas dan menyebabkan rantai bisa putus.
So… Periksa selalu sepeda motor anda bro sis.. Pastikan semua part bekerja secara optimal, termasuk rantai sebagai piranti utama penggerak sepeda motor.. Semoga berguna… (mmz)
===============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

2 thoughts on “Cek Secara Berkala Kekencangan Rantai Motor Anda, Awas Ngeloss…!!!

Silahkan Berkomentar di bawah sini