Berikut Tips Cegah Mual saat Perjalanan Jauh dengan Mobil. Yang Mau Liburan Tahun Baru bisa dipraktekkin Nih Sob

oleh


mabuk
Pusing saat berkendara mobil dapat dicegah dengan tips-tips berikut

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Mengendarai mobil dalam waktu yang lama acapkali membuat kepala pusing, berkunang dan perut mual. Hal ini cukup wajar mengingat kondisi lingkungan dalam mobil dan lingkungan di sekitar, sepanjang jalan yang kita lalui. Nah, untuk cegah rasa mual yang sering timbul saat berkendara menggunakan mobil, berikut mmz berikan tips yang semoga bermanfaat bagi sampean, pembaca semua terutama yang hendak jalan jauh menempuh ratusan kilometer demi liburan tahun baru.

Tak perlu susah-susah sih untuk cegah mual saat berkendara mobil. Semuanya kembali kepada kita sebagai penumpang tentunya. Kalau buat driver, mual, pusing, wah bakal lain ceritanya. Mending digantiin aja nyopirnya..hehe

Baca juga:


1. Perhatikan makanan

Memperhatikan asupan makanan sebelum berkendara mobil adalah hal penting. Yang paling penting adalah sebaiknya hindari makanan berlemak dan pedas. Apalagi mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, sebaiknya jangan.

2. Posisi duduk

Posisi duduk saat mengendarai mobil juga menjadi hal penting guna menghindari mual saat perjalanan jauh. Usahakan duduk di bangku depan atau kalaupun harus duduk di bangku belakang tetap usahakan untuk fokus memandang ke depan. Semakin sering anda melihat ke samping, memperhatikan indahnya pepohonan yang seperti berlarian, di sana anda bakal makin pusing dan mual.

3. Hindari Gadget

Yup, bagi sebagian orang melihat gadget juga bisa menjadi pemicu timbulnya mual dan pusing selama perjalanan jauh menggunakan mobil. Kalaupun anda harus membuka handphone, untuk melihat rute di Maps misalnya, usahakan melihat secara sekilas-sekilas saja agar tak membuat mata terkonsentrasi di handphone sehingga memicu timbulnya pusing dan mual.

4. Nyalakan AC

Menyalakan AC juga bisa membantu mengurangi pemicu timbulnya mual dan pusing. Dengan menyalakan AC maka otomatis tak akan ada udara luar yang masuk ke dalam mobil karena kaca jendela tertutup rapat. Udara panas atau asap dan debu yang masuk dari luar juga bisa menjadi pemicu timbulnya mual dan pusing.

 5. Sering istirahat

Salah satu hal penting saat perjalanan jauh menggunakan mobil adalah sering-seringlah beristirahat. Manfaatkan rest area, rumah makan maupun SPBU untuk sekedar melepas penat, menikmati kopi, atau menghirup udara segar dan merilekskan kaki, tangan dan kepala. Stretching ringan bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan pemicu timbulnya mual dan pusing. Jangan paksakan kejar jam, seperti saya, kadang sih tapi :mrgreen:

spbu rest area cipularang 1
Rest Area di SPBU

6. Minum Obat

Jika kelima tips di atas sekiranya masih belum bisa mengatasi mual dan pusing yang sering sampean dapatkan saat berkendara dalam mobil untuk waktu yang lama, tips berikut bisa dicoba. Dengan meminum obat ringan anti mabuk yang tersedia di toko-toko obat. Minum obatnya sekitar 30-60 menit sebelum memulai perjalanan.

Last… itulah bro sis tips cegah mual dan pusing saat mengendarai mobil untuk waktu yang lama/perjalanan jauh. Jika memang kesehatan sedang tidak fit, dan tips di atas ternyata belum mampu mengatasi pusing dan mual yang anda derita, mending di rumah saja lah…istirahat..jangan memaksakan hal yang bisa saja memperparah kondisi kesehatan anda. Toh liburan kan bisa kapan saja sob, gak harus saat momen pergantian tahun baru seperti ini… Semoga berguna… (mmz)

===============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A

Silahkan Berkomentar di bawah sini