MotoGP: Vinales Tercepat Tes Qatar Day 1, Rossi 5, dan yang Baru dari Ducati

Diposting pada 115 views

maverick vinales qatar motomazine..com

MOTOMAZINE.COM – Tes MotoGP Qatar day 1 baru saja usai. Dan hasilnya Maverick Vinales tampil tecepat di atas YZR-M1 tunggangannya. Pembalap berjuluk Top Gun ini mampu tampil cepat setelah mencoba mendorong di menit-menit akhir tes. Sementara pembalap Monster Energy Yamaha yang juga menjadi rekan setimnya, Valentino Rossi menempati posisi lima. Di Qatar ini juga terjepret beberapa spyshot piranti baru seperti yang diaplikasikan Ducati.

Yamaha sepertinya mulai bangkit di 2019. Menderita keterpurukan selama tahun 2018, kini pabrikan Iwata itu terlihat lebih siap menyongsong musim 2019. YZR-M1 spek 2019 terlihat lebih firendly dan sedikit lebih hemat ban belakang.

Hal ini dikonfirmasi oleh Rossi sendiri yang mengaku mampu mempertahankan laptimenya selama tes Sepang awal Februari kemarin. Pun dengan rekan setimnya, Maverick Vinales yang malah mengaku sangat puas dengan performa M1 2019 nya.

Di tes Qatar hari pertama ini Maverick Vinales mampu bukukan laptime di angka 1m55.051 detik. Sementara Rossi yang ada di tempat kelima terpaut gap 0,553 detik dengan laptime 1m55.604 detik.

rossi qatar tes motomazine.com

Yang patut diacungi jempol di tes Qatar dan sepanjang awal musim 2019 ini adalah Alex Rins dan Suzuki. Tak pernah lepas dari tiga besar semenjak Sepang, di #Qatartest kai inipun Alex Rins berhasil menempati posisi dua dengan gap 0,108 detik saja dari Maverick.

Yang baru dari Ducati

Menempatkan pembalapnya di posisi tiga dan empat Ducati sepertinya masih dirundung rasa penasaran yang tinggi. Bukan Petrucci atau Dovisiozo, tapi Jack Miller lah yang mendapat update terbaru.

Yap, via gambar yang dishare om Patterson terlihat Ducati memakai semacam aero di bawah cowl Desmo. Penempatanya ada di depan swingarm/ban belakang.

Modelnya sih seperti pemecah air yang dipakai Yamaha M1, cuman ini ukurannya lebih gede. Di piranti tersebut terdapat semacam lubang-lubang yang tentu saja berperan sebagai winglet.

winglet bawah ducati motomazine.com

Sejauh ini pihak Ducati juga belum mengkonfirmasi perihal penggunaan aero part tersebut. Apakah dipakai sebagai pambantu down force/roda belakang tetap menempel ke aspal, atau malah sebagai ‘pendingin ban.

Yang jelas lagi-lagi Ducati bikin pabrikan lain kepo. Setelah salad box, hole shot, kini mereka pakai aero parts yang sangat-sangat OOT.

Last… tes MotoGP seri Qatar akan kembali dilanjut malam ini. Semoga berguna… (mmz)

qatar test day 1 motomazine.com

Silahkan Komentarnya Kangbro