Merdeka buat Biker adalah #CaRi_aMan saat Naik Motor

Diposting pada 25 views

MOTOMAZINE.COM – Masbro, peringatan Hari Kemerdekaan RI dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus membuat beberapa orang maupun komunitas untuk melakukan touring jarak pendek maupun jarak jauh. Apabila sampean adalah salah satu orang yang gemar berkendara jarak jauh berbagai hal tentu harus dipersiapkan dan diperhatikan. Instruktur Safety Riding MPM , Fendrik Alam berbagi tips mengenai touring.

Pertama, ini berhubungan dengan kondisi kendaraan, cek kendaraan terlebih dahulu sebelum digunakan. Pengecekan meliputi kondisi ban , pengecekan oli , kampas rem, lampu sein kanan, kiri, head lamp jauh dekat dan lampu stop nya.

Selanjutnya, kelengkapan berkendara meliputi helm, sarung tangan, jaket, kacamata hitam, masker, pakaian lengan panjang, jas hujan dan sepatu.

“Kelengkapan tersebut juga berlaku bagi boncengers” kata Fendrik

Buat route plan perjalanan. Penting bagi pengendara untuk.membuat route plan perjalanan agar mengetahui kondisi jalan maupun lalu lintas yang akan dilewati. Apabila touring dilakukan secara berkelompok wajib tertib di jalan dan tidak melanggar lalu lintas

Terakhir, pentingnya istirahat dan minum air yang cukup sebab dalam touring jarak jauh, konsentrasi tinggi dengan waktu yang lama sangat dibutuhkan. Apabila pengendara kurang tidur, ini bisa membahayakan karena konsentrasi terganggu akibat mengantuk.

“Beristirahatlah sejenak setelah berkendara minimal 2 jam agar kondisi kembali fit. Istirahat minum air mineral lebih baik dari pada yang lain. Pada waktu istirahat hendaknya melakukan pengecekan kembali pada kendaraan kita setelah dipakai perjalanan jauh apakah masih dalam keadaan normal dan sesuai standard ,” tambahnya.

Last, buat komunitas atau sampean selaku biker yang ingin memperingati hari kemerdekaan RI yang ke-74 ini dengan agenda touring, yuk persiapkan segalanya. Karena #CaRi_aMan saat naik motor adalah wajib agar kita tetap merasa merdeka. Yo nggak masbro? Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro