New Yamaha YZF1000W 2023, inikah R1 ber-Seamless?

Diposting pada

Motomazine.com – Muncul kode terbaru dari Yamaha Jepang dimana mereka telah merilis sebuah kode misterius bertitel YZF1000W. Ini kode yang benar-benar baru karena pada model-model R1 sebelumnya, penamaan kodenya sedikit berbeda. Apakah benar si YZF1000W untuk model year 2023 ini adalah R1 versi seamless shift gearbox?

Selama ini Yamah YZF-R1 sama sekali belum mendapat sentuhan mayor. Sejak berganti menjadi mata hiu di 2015, si R1 hanya sekali mendapat update kecil pada aerodinamika, elektronik dan suspensi nya. R1 terbaru punya aerodinamika yang lebih bagus sehingga lebih efisien sekitar 20% dalam menerobos angin.

Nah, memasuki tahun 2023 Yamaha kembali membuat gebrakan dalam rangka menyediakan motor superbike yang lebih canggih. Selain memudahkan dijalan raya, penyematan teknologi-teknologi terkini tentu juga akan berdampak pada balap. Yaps, YZF-R1 adalalah motor yang dipakai pada ajang balap World Superbike. Saat ini tim pabrikan mereka, PATA Yamaha BRIXX mengandalkan Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli.

Musim 2021 kemarin Toprak berhasil merengkuh juara dunia, namun di musim ini, doi sepertinya kewalahan dengan performa Alvaro Bautista di atas Ducati Panigale V4R. Itulah tentunya, salah satu sebab kenapa pabrikan Iwata ingin menjejalkan piranti turunan MotoGP yang akan nemplok di YZF-R1 model 2023 nantinya.

Hingga saat ini masih belum ada kabar lebih jauh mengenai YZF1000W yang diduga sebagai R1 seamless gearbox. Namun yang pasti kemungkinan ke arah sana sangat terbuka lebar. Pasalnya beberapa waktu kemarin, Yamaha Jepang kedapatan mendaftarkan paten untuk seamless gearbox mereka.

Ditambah lagi Yamaha sudah curi start dengan berikan kesempatan kepada Toprak untuk mencicipi YZR-M1 yang sudah punya teknologi seamless gearbox ini.

So, kita nantikan saja akan seperti apa YZF-R1 model 2023 nanti. Yang akan memakai seamless gearbox dan gosipnya paai winglet ala-ala M1. Menarik! Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini